PENGARUH KINERJA PEGAWAI DAN FASILITASPERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWADI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Zulaiha Husen, Nursia Nursia

Abstract


The purpose of this study is to determine the Influence and Employees and Library Space in general or simultaneously to the Student Satisfaction at the University Library Khairun Ternate. The analysis model used to test multiple linear regression hypothesis, and research method which is the research with the number of samples and the number of respondents as much as 99 respondents. With data processing techniques using SPSS 16 for windows. The results of the study found that: (1) Employee Performance has a positive and significant influence on student satisfaction in the library of Khairun University of Ternate, which  means  that  the  higher  the  employee  performance,  the  higher  the  student satisfaction level, (2) The library facilities have a positive and significant impact on student satisfaction in the library of the University of Khairun Ternate, which means that with good facilities and adequate to provide learning outcomes to students, (3) Performance and Space Library against students at the University Khairun Ternate, which means that the higher performance and equipped with facilities adequate, the higher the level of student satisfaction   in   the   library   of  Khairun   University   of   Ternate.   With  the   result   of simultaneously both positive and significant variable to student satisfaction with R2  value (R Square) corrected by 0,559 or 55,9%.

Full Text:

PDF

References


Afrizawati, 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Dan Intensitas Kunjungan Mahasiswa Pada Perpustakaan Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik negeri Sriwijaya. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius), Vol. 4, No. 1.

Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

…………2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, Mohamad, 2001. Seri Sumber Daya Manusia Psikologi Industri, Cetakan 4, Yogyakarta: Liberty.

Darmono, 2007. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Ghozali, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, Huswatun, 2017. Hubungan Antara Fasilitas Perpustakaan Dengan Kinerja Pengelola Di Perpustakaan SMP Negeri 26 Makasar.

http://digilib.unila.ac.id/12904/15/BAB%20III.pdf. Diakses pada hari senin,16/04/2018, jam 14:53 WIT.

Irianto, Rudi, 2015. Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Baca Siswa SMK Negeri 9 Semarang Tahun 2014/2015.

Khaerudin, M. 2015., Kualitas Layanan Perpustakaan Esa Unggul Dari (mahasiswa s1, s2, dan Dosen) menggunakan metodelibqual+â„¢.

Laili, Nurul, 2011. Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan Unsyiah.

Lasa Hs., 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka BookPublisher.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu., 2009. Manajemen Sumber DayaPerusahaan. Cetakan Kesepuluh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moeheriono, 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kinerja, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moenir, H.A.S.,1983. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakrta: CVAlfabeta.

……… 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT BumiAksara.

Muflihah, 2011. Hubungan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpsutakaan Kota Yogyakarta.

Nafidah-Fah, Nurun, 2015. Pengaruh Kinerja Pustakawan Terhadap Kepuasan Pemustakan Pada Perpustakaan Universitas Indonesia.

Nawawi, M. Toni, dan Ida, Puspitotowati., 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Sebagai Prediktor Terhadap Kepuasan Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Di Jakarta. Jurnal Ekonomi/Volume XX, No. 02.

Ngulandri, Warastri Mutada. 2016. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Fasilitas Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Yogyakarta.

Ningrum, Roh Fitri, 2014. Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurbiyanti, Enny., 2008. Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan Kinerja Pustakawan terhadap Minat Baca Siswa SMK Negeri 2 Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Nurendah, Yulia dan Mumuh Muliyana. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungan dengan Loyalitas Mahasiswa. Vol. 1 No. 1.

Palmolivesstly, Stella, 2016. Pengaruh Kinerja Dosen terhadap KepuasanMahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UniversitasPasundan Bandung.

Pandita, Andi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Negeri Makassar.

Prastowo, Andi (Ed)., 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional.Yogyakarta: DIVA Press.

Purwanigsih, Cahyani Dewi, 2015. Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas Xi Di Perpustakaan SMK N 1 Kendal.

Robbins, Stephen P., 1996. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: PTPrenhalindo.

Robbins, Stephen P., 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. IndeksKelompok GRAMEDIA. Jakarta.

Santoso, Fuji dkk., 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas TerhadapKepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2014-2016 Universitas Islam Malang.

Simamora, Hendri, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit STIE,YKPN. Yogkarta: BPFE.

Sudiro, 2015, Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, Dan Persepsi KinerjaDosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Politeknik Indonusa Surakarta. Vol. 1 Nomor 4.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabetha.

………..2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung Alfabeta.

..………2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryani, 2011. Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kinerja PustakawanDi Perpustakaan MAN Model Makassar (Skripsi). Jurusan IlmuPerpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Susilowati, Erni Dyah, 2009. Pengaruh Kinerja Pustakawan Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta.

Sutarno, NS., 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Yayasan OborIndonesia.

Pribadi, Udik. 2003. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Terhadap Prestasi Kerja. Malang: Tesis Universitas Brawijaya Malang.

Solimun, 2010. Analisis Multivariat Pemodelan Struktural Metode Partial LeastSquare-PLS. Penerbit CV. Citra: Malang.

Syihabuddin, Qalyubi, dkk., 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi.Yogyakarta: Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Tjiptono, Fandy, 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen: teori, praktik dan riset pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.

Wadwa, Raja. 2006. School Organization. Journal Of Education. Vol 72.

Wibowo, 2007. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Mandar Maju.

Yunanta, Arta. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap MinatBaca Dan Intensitas Kunjungan Mahasiswa Pada Perpustakaan JurusanAdministrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v5i2.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia. 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.