PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL PADA KEPUTUSAN REMAJA UNTUK MEROKO MEREK MALBORO (Studi Kasus Pada Siswa SMA di Kota Ternate)

Ibnu Sina Hi Yusuf

Abstract


Cigarette is one of the unique product (especially the way consumption) because these products give satisfaction to the consumer through the smoke. This result measure on influence of variable X1 teenagers to smoke. By using Multiple Regression Method, the results show that this variable X1 (Friend), X2 (Parents) and X3 (idol Figure) are significant and influential of the variable Y (The Smoking Decision).


Keywords


The Influence of The Social Environment, Decision on Teens

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Rika Mayasari (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan Merokok Dan Hubungannya Dengan Status Penyakit Periodental Remaja. Tesis. Universitas Sumatera Medan. Diakses Tanggal 21 April 2012. http://respository.usu.ac.id/bitstream/123456789/6703/1/09E02236.pdf

Arios, Renatalido. 2011. Analisi Perilaku Merokok Pria Usia 18-24 Tahun dan Implikasinya pada Strategi Pengendalian Perilaku Merokok. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Diakses tanggal 24 Desember 2011. http://elibrary.mb.ipb.ac.id

Bahar, Hadija, Siti. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha pada PT. Suracojaya Abadi Motor Makassar. Skripsi. Diakses tanggal 22 November 2012. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/1539/skripsi%20lengkap% 20-febmanajemen%20siti%20hadija%20bahar.pdf?sequence=1

Fadillah, Reza & Kiswara, Endang. 2012. Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai dan Cukai Terhadap Skema Finansial Produk Rokok. Diponegoro Journal of Accounting. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro. Volume 1, No 2, hlm 1-12. Diakses tanggal 11 November 2012. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/34/47

Hamzah, Halifah. 2012. analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rokok Masyarakat di Kota Makassar. Skripsi. Diakses tanggal 19 Desember 2012. Repository.unhas.ac.id/.../HALIFAH_BAB%20I%20-%20V.docx?...4

Heruwati, Eni. 2010. Analisis Pengaruh Daya Tarik, Kreadibilitas, dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha MIO (Studi pada Konsumen PT Harpindo Jaya di Semarang). Skripsi. Diakses Tanggal 23 Oktober 2012. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/33659/5/Chapter%20I.pdf

Ingkadijaya, Rahmat, dkk.2007. Peran Anggota Keluaega dalam Pemilihan Restoran di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Program Pascasarjana Manajemen dan Agribisnis. Jakarta. Diakses Tanggal 22 November 2012. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/download/3324/2249

Komalasari, Dian & Helmi, Alfin Fadila. 2000. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Merokok pada Remaja. Jurnal Psikologi. Diakses Tanggal 26 Desember 2011. http://alvin.staff.ugm.ac.id/data/jurnal/perilaku merokok_avin.pdf

Konformitas, Teman Sebaya, Perilaku Merokok, Remaja. Bab II. Diakses tanggal 11 November2012. http://reponsitory.upi.edu/operator/uploads/spsi0704736chapter2.pdf

Kotler, Philip & Lane Kevin Keller. 2002. Edisi 12. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. PT Indeks. Jakarta.

Lind, Marchal, dan Wathen. 2007. Teknik-Teknik Statistik dalam Bisnis dan Ekonomi Menggunakan Kelompok Data Global. Buku 2 Edisi 13. Salemba Empat. Jakarta.

Munir, Zaldy. 2010. Peran dan Fungsi Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Diakses tanggal 29 November http://zaldym.wordpress.com/2010/07/17/peran-dan-fungsi-orang-tua dalammengembangkan-kecerdasan-emosional-anak/

Nasir, M.2010. pola Pengambilan Keputusan Konsumen Rokok. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Fakultas Ekonomi. Volume 114, No 1, hlm 38-46. Diakses tanggal 11 November 2012. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/123456789/1818/5.%20M%20NASI R.pdf?sequence=1

Prasetya, Yuda. 2008. Hubungan Faktor Lingkungan Terhadap Perilaku Merokok pada Remaja. Karya Ilmiah. Diakses tanggal 16 April 2012. http://yudaprasetya.blogspot.com/2009/02?hubungan-faktor- lingkungan_terhadap.html

Schiffman, Leon G & Kanuk Lazar Leslie. 2008. Edisi Ketujuh. Perilaku Konsumen. PT Indeks. Jakarta.

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Penerbit : GI & MMA-IPB.

Supriyanto, 2009. Metodologi Riset Bisnis. Universitas Bandar Lampung. PT Indeks. Jakarta.

Susanto, Bagus. 2010. Pengaruh Merek Rokok A Mild Terhadap Perilaku Merokok pada Remaja di Surabaya. Skripsi. Diakses tanggal 25 September 2012.

Widowaty, Dian Pratiwi (2008). Pengaruh Stereotipi Perokok dan Konformitas terhadap Perilaku Merokok pada Siswa SMP. Skripsi. Universitas Indonesia. Diakses, Tanggal/16, April 2012. http://www.digilib.ui.ac.id/file?file=digital/124938155.2%20wid%20p%20%20pengaru h%20streotipi%20-%20pendahuluan.pdf

Winardi. (1991). Asas-asas Marketing. Penerbit: Mandar-Maju, Bandung.

Za Baedowi, Maftuh, Mohammad. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kesesuaian Harga dan Intensitas Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Merek Rokok Djarum Super (Studi Kasus pada Konsumen Rokok Djarum Super di Kota Semarang). Skripsi. Diakses tanggal 10 November 2012. http://eprints.undip.ac.id./35755/1/baedowi.pdf




DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v1i1.6653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia. 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.