DETERMINAN KARAKTERISTIK KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAIDI KANTOR KELURAHAN SE-KECAMATAN KOTA TERNATE SELATAN
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan karakteristik kompetensi yang terdiri dari lima sub-variabel yaitu, variabel motif (X1), sifat bawaan (X2), konsep diri (X3), pengetahuan (X4)danketerampilan (X5) terhadap kinerja pegawai di Kantor Kelurahan Se-Kecamatan Kota TernateSelatan, yakni sebanyak 46 pegawai. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linearberganda, dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwa dari kelima hipotesis yang diajukansemuanya diterima, yang mempunyai arti bahwa baik secara parsial maupun simultan variabelKarakteristik Kompetensi yang terdiri dari lima subvariabel berpengaruh signifikan terhadap kinerjapegawai di Kantor Kelurahan Se-Kecamatan Kota Ternate Selatan. Hal ini di tunjukkan dengan nilaiR Square (R2) sebesar 50.8% artinyan Karakteristik Kompetensi mempengaruhi kinerja 50.8% dansisanya 40.2% dipengaruh variabel lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AArikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Statistik,Jakarta, Rineka Cipta
Burns, R.B (1993) Konsep Diri dari TeoriPerkembangan danPerilaku. Alibahasa: Edi. Penerbit Arca. Jakarta
As’ad, Moh, (2000). Seri Sumber DayaManusia Psikologi Industri, Cetakan 4,Liberty.
Asmida Sri (2012) Pengaruh KompetensiPegawai Kelurahan terhadap KualitasPelayanan Administrasi Kependudukandi Wilayah Kecamatan Murhum KotaBau-Bau. Tesis Pasca SarjanaUniversitas Terbuka. Jakarta
Lian Arcynthia M, (2013) Analisis PengaruhKompetensi terhadap Kinerja KaryawanPada Pt. Bank Bukopin, Tbk CabangMakassar. Skripsi UniversitasHasanudin Makasar
Darwinanti, (2008), Pengaruh KompetensiSumber Daya Manusia terhadap KinerjaKaryawan (Studi Pada Pt PerkebunanNusantara III Deli Serdang- 2 SeiKarang, Sumatera Utara
Emmyah (2009). Pengaruh Kompetensiterhadap Kinerja Pegawai padaPoliteknik Negeri Ujung Pandang.Program Magister Ilmu AdministrasiSekolah Tinggi Ilmu AdmnistrasiLembaga Administrasi Negara. Makasar
Gerungan (2000). Psikolog Sosial Bandung :Rifika Aditama
Gomes, Faustino C. (2000). ManajemenSumber Daya Manusia. Yogyakarta:Andi Offset
Gorda, I Gusti Ngurah. (2004). ManajemenSumber Daya Manusia. Singaraja:STIESatya Dharma.
Gibson, Ivancevich, Donnely (1996)Organisasi dan Manajemen. Jakarta:Erlangga.
Handoko, T. Hani, (2000) ManajemenPersonalia Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu SP, (2005). ManajemenSumber Daya Manusia, STIE YKPN,Yogyakarta.Grafindo Persadap.
Kaho, Josef Riyu, (1998). Analisis HubunganPemerintah Pusat dan Daerah diIndonesia. Jakarta: Bina Aksara
Thahrim M. (2011). Sumber Daya Manusiadan Organisasi, Lembaga PenerbitanUnkhair ( Lepkhair). Ternate.
Mangkunegara, Anwar Prabu, (2001).Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan. Bandung : RemajaRosdakarya.
Mangkunegara, Anwar Prabu, (2007),Evaluasi Kinerja Sdm. Refika Aditama.Bandung.
Mitrani Alian (1994). Manajemen SumberDaya Manusia BerdasarkanKompetensi. Jakarta:Indonesia
Perry, James L, (1989).Hand Book Of PublicAdministration. CA: Jossey-BassLimited.
Prawirosentono, Suyady, (2001). KebijakanKinerja Karyawan,edisi revisi,
BPFE, Yokyakarta.Purnomo, Andri (2006) Analisis
Efektivitas Organisasi DinasPerikanan dan Kelautan KabupatenBatang. Tesis Undip.http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0CDoQFjAC&url=http%3A%2F%2Feprints.undip.ac.id%2F2302%2F1%2FAndri_Joko_Purnomo.pdf&ei=MkJEU8DwOIaYrgewh4GICQ&usg=AFQjCNHO3GnFHluB3j9il5HfD1di4PJlbQ&bvm=bv.64367178.(Diakses 20 juni 2015)
Rafsanjani, H (2014), PengaruhKesadaranDiri, Pengaturan Diri, Motivasi Diri,Empati, Keterampilan Sosial terhadapKinerja Pegawai Kantor PT.PLN
Persero Cabang Gane Timur. SkripsiUniversitas Khairun Ternate.
Rivai, Veitzhal (2004), “Manajemen SumberDaya Manusia Untuk Perusahan”. PtRaja Grafindo Persada, Jakarta
Robbins, S, P, (2003), Perilaku Organisasi,edisi. 8, Alih Bahasa ; Hadayana PujaaTaka, PT. Prehalindo, Jakarta.
Rosman Effendi, (2009). PengaruhKompetensi terhadap KinerjaKaryawanpada Kantor Pelayanan Pajak Metro,Fakultas Ekonomi, UniversitasMuhammadiyah, Lampung
Ruslan A. Kamis (2013).Pengaruh KomitmenOrganisasional dan KompetensiIndividu terhadap Kinerja Guru : dalamPerspektif Organisasi Pembelajar.(Studi Pada Sekolah Dasar (SD) di KotaTernate). Tesis Pasca SarjanaFakultasEkonomi dan Bisnis UniversitasBrawijaya Malang
Soekidjo Notoatmodjo (2009) PengembanganSumber Daya Manusia. Jakarta : RinekaCipta
Sugiyono, (2011), Metode PenelitianAdministrasi. Alfabeta. Bandung.Schermerhon Hunt (1994) Manging
Organizational Behavior, Wiley & Sons,Inc, Canada.
Suharsimi, Arikunto, (2006). ProsedurPenelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta.
Suliyanto. (2011). Analisis Data AplikasiPemasaran.GhaliaIndonesia.Suryadana Moh Liga, (2006). Pengaruh
Komitmen dan Kompetensi terhadapKinerja Pegawai serta Implikasinyapada Pelayanan Publik. (Studi padaKantor/Dinas ParawisataKabupaten/Kota di Propinsi JawaBarat). Skripsi Pascasarjana UniversitasPadjadjaran Bandung.
Suparno Suhaena (2001) Membangunkompetensi belajar. Jakarta : DirektoratJendral Pendidikan Tinggi.
Spencer, Lyle M and Spencer, Signe M(1993). Competence at Work ModelsSuperior Performance, John Willey, Inc.New York. USA
The Liang Gie (2000) Pengantar filsafat ilmu.Yogyakarta: Liberty.
Wibowo, (2007). Pemahaman PraktisManajemen Sumber Daya Manusia.Bandung : Mandar Maju.
Wirawan (2009) Evaluasi Kinerja SumberDaya Manusia Teori Aplikasi danPenelitian. Jakarta : Penerbit : SelembaEmpat
https://techonly13.wordpress.com/2009/05/14/karakteristik-kompetensi-spencer-and-spencer/. (diakses 02, juni 2015)
DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v3i1.6686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.