NGARUH FITUR DAN PRESTISE MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK OPPO DI KOTA TERNATE

Ibnu Sina Hi Yusuf

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of features and prestige Brand OPPO brand smartphone purchase decisions in Ternate City. Quantitative research type. Population in this study of Ternate people’s, smartphone users brand OPPO,Techniques Sampling using purposive sampling method, because using characteristics and criteria. Characteristics and criteria In question is the longest purchase of brand smartphones, OPPO on 3 months ago and mobile phone price >  Rp.3.000.000. Number of samples As many as 62 respondents. Analytical techniques used in the study.This is a multiple linear regression analysis operated through SPSS program. The results of this study indicate that feature variables Have a positive and significant effect on purchasing decision Smartphone brand OPPO, brand prestige has a significant and positive influence To the OPPO brand smartphone purchase decision, an influential feature Positive and significant to the brand prestige. This is shown With R square value of 48.5% while the rest 51.7% influenced by Other variables not examined in this study.


Keywords


Feature, Prestige brand and Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Afkari, Daffiq. (2016). Pengaruh Atribut Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen FE UNY). Skripsi

Ammay, Yusri. Analisis Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price To Book Value (PBV), Dan Return On Asset (ROA) Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Automotive and Allied Product di BEI)Tesis

Firman, Muhammad. (2013). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Tomkins di Mall Ciputra Pekanbaru. Skripsi

Fata et al. (2015). Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Fitur Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya pada Loyalitas Merek Handphone Samsung di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 4, No. 3.

Gampu, et al. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi, dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah MemilihPT. Bank SulutgoCabang Utama Manado. Jurnal EMBA Vol. 3 No. 3

Hamidah, Siti & Anita, Desi. (2013). Analisis Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus STIE Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi Volume 21, Nomor 4.

Hendika, Lovely, Vinna & Riorini, Vandayuli, Sri. (2014). Sikap Merek, Perceived Quality, dan Prestise Merek Terhadap Advokasi Merek Melalui Kepercayaan Merek pada Klinik Gigi Ortodonti di Jakarta. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Volume 7, No.2.

Jelita, Charly Putri. (2012). Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Blackberry di Universitas Hasanuddin Makassar. Skripsi Kotler, Philip & Keller, Lane, Kevin.(2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Jilid Satu. Jakarta :Erlangga.

Larosa, Rebeka, Septhani. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Warung-Warung Makan di Sekitar Simpang Lima Semarang). Skripsi

Laheba, et al. (2015). Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal EMBA 99 Vol.3 No.3.

Mariaji, Wahyu &Yuniati, Tri. (2014). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Compact Disc (CD) di Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 8.

Muttaqien, Husain, Agung. (2013). Analisis Pengaruh Prestise Merek, Kualitas Layanan Inti dan Kualitas Layanan Peripheral Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia Bandara Ahmad Yani Semarang. Jurnal Nuha, Dhiyaun, Lu’lu’, Ahmad. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Mebel pada CV. Munawir Furniture di Jepara. Skripsi

Rumpoko,Dwi, Aurora, Urza. (2016). EfekGreen Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Skripsi Schiffman, Leon & Kanuk, Lazar, Leslie. (2008). Perilaku konsumen. EdisiKetujuh.Jakarta :Indeks.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Bisnis.Bandung : Alfabeta. Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian untuk Bisnis. Edisi Empat. Buku Dua. Jakarta : Salemba Empat.

Shofianah, et al. (2014). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan 2010/2011 dan 2011/2012 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Produk Plastik Tupperware). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 9 No. 1.

Sari, Permita, Hutami. (2016). Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY). Skripsi Wiarsa, Putra,

Aditya, Bagus, Putu. (2015). Pengaruh Dimensi Brand Prestige Terhadap Purchase Intention Celana Jeans. Skripsi Widiyono, Wildan, Muhammad. (2014). AnalisisPengaruhPsikologiKonsumen Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Satria FU 150. Skripsi

Yahya.(2013). Pengaruh Gaya Hidup Dan KualitasProdukPada Proses PengambilanKeputusanPembelian Helm Merek GM. Skripsi.

http://mandalamadya.com/sejarahperusahaan-handphone-OPPO-danservice-center-OPPO-indonesia.htm

http://arenasmartphone.com

http://kanalInformasi.com/pengertian-data- primer-dan-datasekunder.htmlhttps://id.techinasia.com/i dc-penjualan-smartphone-2015 https://dailysocial.id/post/data-penjualansmartphone-idc

http://selular.id/news/2016/08/5-brand-yangmenguasai-pasar-smartphone-diindonesia/ https://www.spssindonesia.com https://www.statistikian.com




DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v4i2.6706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia. 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.