PENGARUH GREEN AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (STUDI KASUS PADA KERTAS MULTIFUNGSI SINAR DUNIA DAN BOLA DUNIA)

Ibnu Sina Hi Yusuf

Abstract


The purposeof this study is todetermine the influence of Green Awareness on the Decision of Purchasing of Environmentally Friendly Products (Case Study on Sinar Dunia and Bola Dunia Papers) .As indicated in green awareness is consumer environmental concern, environmentally friendly product, brand image, and price. From the result of multiple linear regression analysis in this study it is known that consumer environmental awareness variable has a negative and significant effect on the decision of purchasing environmentally friendly products, environmentally friendly product variables have positive and significant influence on the decision of purchasing environmentally friendly product, brand image variable have positive and significant influence to purchase decision Environmentally friendly products, and price variables have a positive and significant influence on the decision to purchase environmentally friendly products. This is indicated by the value of R Square of 43.3%, while the remaining 56.7% influenced by other variables not examined in this study.


Keywords


Green awareness, consumer environmental concerns, environmentally friendly products,

Full Text:

PDF

References


Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Skripsi.

Ardianti, N, T., Fahmi, I., & Ratnawaty, A. (2008). Analisis Perilaku Konsumen Kota Bogor Terhadap Produk Kosmetik Hijau. Jurnal ManajemenAgribisnis Vol. 5, 23-32.

Athalia, Devina, Carisa. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Pada Niat Beli Konsumen Pakaian The Executive Di Yogyakarta. Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Azmi, M.S. (2016). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED PhILIPS. Skripsi.

Fridianti, Resha. (2014). Meningkatkan Niat Pembelian Hijau:Peran dari Kesadaran Hijau, Citra Merek Hijau, Kesadaran Risiko Hijau, dan Kepercayaan Hijau. Skripsi.

Hilmi, Abdullah. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Nama Merek, Sosial, dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smarphone Android Di Jakarta. Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kotler, Philip & Keller, Lane, Kevin. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kurniasari, Dhita, Novita. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi.

Lestari, Puji, Novi. (2015). Studi Tentang Kepedulian Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah di Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Naratama & Nurcahya. (2016). Aplikasi Theory of Reasoned Action (TRA) Dalam Menjelaskan Niat Beli Produk Hijau di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.3. ISSN: 2302-8912.

Octaryna, Vina. (2016). Pengaruh Kepedulian Lingkungan Melalui Perceived Green Benefits dan Perceived GreenCost Pada Niat Memilih Green Hotel. Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Panduwinata, Susi. (2016). Pengaruh Electronic Of Mouth Pada Citra Merek dan Minat Beli Konsumen Pada Mobil Toyota. Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Priyatno, Duwi. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Rahimi, Nur, Dolly. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Penjualan, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Dji Sam Soe Magnum Blue. Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Respasi, Niken, Yossi.(2012). Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan Sebagai Perangkat Pengelolaan Lingkungan Hidup. Law Review Volume XI No.3.




DOI: https://doi.org/10.33387/jms.v5i1.6726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun, Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia. 

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.