Analisis Kesalahan Konsep dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (Sptldv) pada Studi Kasus Siswa Kelas X MIA6 SMANegeri 4 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2019/2020

Hairul Muchsin, Yahya Hairun, Ariyanti Jalal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan konsep siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 4 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe studi kasus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 4 Kota Ternate. Pengumpulan data penelitian ini mengunakan instrumen tes soal sistem pertidaksamaan linear dua variabel berbentuk essay sebanyak lima butir soal serta telah divalidasi oleh dua dosen penguji dan instrumen non tes wawancara tak terstruktur.

Hasil analisis data menunjukan kesalahan konsep yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal sistem pertidaksamaan linear dua veriabel pada ketiga butir adalah salah memahami tentang konsep variabel sebagai peubah, konsep tentang koefisien sebagai patokan dalam mengerjakan soal, salah tentang konsep titik pada koordinat kartesius, konsep bentuk aljabar, bentuk umum sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan pemodelan matematika serta konsep operasi bilangan penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Kesalahan yang dilakukan siswa  pada dasarnya dikarenakan lemahnya tingkat pemahaman siswa terhadap konsep dasar sebagai materi prasyarat pada materi sistem pertidaksamaan linear dua veriabel. Terdapat 16 dari 20 siswa (80%) yang melakukan kesalahan pada indikator memahami konsep yaitu tidak menuliskan informasi apa yang diketahui, 16 dari 20 siswa (80%) yang melakukan kesalahan pada indikator menuliskan konsep yaitu tidak menuliskan pemisalan variabel yang dipakai pada pembuatan model matematika, dan 8 dari 20 siswa (20%) yang mengalami kesalahan pada indikator merumuskan konsep yaitu kesalahan dalam menggunakan metode eliminasi dan substitusi.

 

Kata Kunci: Analisis Kesalahan Konsep Matematika, Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v4i1.2055

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â