Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Aktivitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA2 SMA Negeri 4 Halmahera Utara pada Konsep Gerak Lurus

Trisno Ikram, Mardia Hi. Rahman, Rohima Wahyu Ningrum

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus. 2) Pengaruh aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus. 3) pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA2 SMA Negeri 4 Halmahera Utara pada konsep gerak lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional untuk melihat pengaruh tiga variabel yaitu dua variabel independen (X1 dan X2) dan satu variabel dependen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Halmahera Utara yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IPA1 dan kelas IPA2 yang berjumlah 47 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk soal essay dan non tes berupa angket, kemudian data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan uji statistik regresi dan korelasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik keberartian regresi dan keberartian korelasi guna untuk melihat pengaruh model pembelajaran contxtual teaching and learning terhadap hasil belajar diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 12,031 > 4,35 dan thitung> ttabel atau 3,469 > 2,086 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara model pembelajaran contxtual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa diterima. Uji statistik yang sama diperlakukan untuk melihat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 20,771 > 4,35 dan thitung> ttabel atau 4,558 > 2,086, sehingga berdasarkan pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan  terdapat pengaruh anatar aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan aktivitas siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji statistik regresi dan korelasi ganda dimana diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 11,944 > 4,35 dan thitung> ttabel atau 7,522 > 2,086. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Halamahera Utara pada konsep gerak lurus.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran CTL, dan Aktivitas Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v4i1.2059

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â