PENGARUH MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN FLIP PDF PROFESIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SANANA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA
Rahmatia Umamit, Siti Hayatun Nur Abu, Deasy Leastianty
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dengan berbantuan media pembelajaran flip pdf profesional terhadap hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik porposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor untuk mengukur hasil belajar siswa pada hasil belajar serta angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media flip pdf profesional. Teknik analisis terhadap nilai pretest dan posttest pada hasil belajar siswa yang digunakan uji one-sample klomogorof smirnof test menggunakan SPSS 16.0. Uji hipotesis dihitung menggunakan analisis (paired sampel t-test) dengan taraf signifikasi 16,148 > 1,729 atau H0 ditolak Ha diterima. Hasil analisis angket tanggapan siswa diperoleh tingkat persetujuan siswa sebesar 79,9% dengan kategori tertarik.