PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 KEPULAUAN SULA

Mutiara Yoisangadji, Nurul Aulia Rahman, Topan Setiawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 1 Kepulauan Sula pada materi hukum – hukum dasar kimia (2) Besar pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap di SMA 1 Kepulauan Sula pada materi hukum – hukum dasar kimia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kepulauan Sula dan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA1 dan X MIPA3 tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument validasi untuk instrument tes, instrument observasi dan angket tanggapan siswa terkait model pembelajaran Mind mapping. Hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai asyimp sign 2- tailed lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 1 Kepulauan Sula pada materi hukum – hukum dasar kimia (2) Besar pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai gain pada kelas eksperimen 0,6 dengan kategori sedang.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i2.5501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â