PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CERPEN PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Nuranisa Kamarudin, Ariyanti Jalal, Nurma Angkotasan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis cerpen sebagai media pembelajaran dalam materi aritmatika sosial. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada ADDIE yang meliputi: 1). Analisis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementasi; dan 5) evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian sebagaimana diuraikan sebagai berikut: media pembelajaran matematika berbasis cerpen sebagai media pembelajaran yang belum pernah dikembangkan untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika khususnya pada materi aritmatika sosial yang mencakup sub materi atau sub pokok nilai per unit, untung, dan rugi. Cerpen yang mengungkapkan materi aritmatika sosial memenuhi syarat kelayakan oleh para ahli media maupun materi sebagai suatu media pembelajaran berbasis cerpen, karena mencakup rata-rata sebesar 87,7% dan 92,55% kelayakan terhadap media pembelajaran matematika berbasis cerpen pada materi aritmatika sosial, sehingga cerpen tersebut memenuhi syarat sebagai media pembelajaran. Cerpen yang mengungkapkan materi aritmatika sosial memenuhi syarat kemenarikan karena uji coba kecil terhadap media pembelajaran matematika berbasis cerpen mencakup rata-rata sebesar 78,44% dan angket siswa terhadap kemenarikan media pembelajaran matematika berbasis cerpen pada materi aritmatika sosial sebesar 76,4% sehingga dapat memenuhi syarat kemenarikan.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i2.5502

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â