PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 7 HALMAHERA TIMUR
Fatmawati Fatmawati, Nur Asbirayani Limatahu, Fadlan Muin
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan asam basa kelas XI SMA Negeri 7 Halmahera Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttes one group desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 7 Halmahera Timur yang berjumlah 15 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya yaitu secara sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis uji wilcoxon yang dihitung dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan asam basa kelas XI SMA negeri 7 Halmahera Timur dengan hasil uji hipotesisnya diperoleh data signifikansi 0,001<0,05 dan presentase nilai gain sebesar 69 % dengan kategori sedang.
Kata Kunci
Model pembelajaran; Latihan inkuiri; hasil belajar; asam basa