PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DAN STAD PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods (SDM) dan model pembelajaran STAD pada konsep Sistem Peredaran Darah siswa kelas V SD Negeri Inpres 26 Kabupaten Sorong. 2). Besar perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe structured dyadic methods (SDM) dan model pembelajaran STAD pada konsep Sistem Peredaran Darah siswa SD Negeri Inpres 26 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen tipe control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Inpres 26 Kabupaten Sorong yang berjumlah 40 siswa yang tersebar dalam 2 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 20 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara Purposive Sampling. Dari 2 kelas tersebut kemudian di tentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Bentuk soal tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bentuk soal essay yang berjumlah 9 item dengan skor total 55 dan teknik analisis data digunakan statistik uji-t. Hasil perhitungan data diperoleh thit = 4.49 dan ttab = 2.021 dengan dk= 38 dan taraf signifikansi 0.05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thit > ttab atau 4,49 > 2.021 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat selisih perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Sructured Dyadic Methods (SDM) pada konsep Sistem Peredaran Darah dengan besar Perbedaan 8.30%.
Kata Kunci
SDM; Model STAD
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i2.5504
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON