PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Jalmia Larahidu, Bahtiar Bahtiar, Abdu Mas'ud, Aswal Salewangeng, Magfirah Rasyid, WD Syarni Tala

Sari


Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi model atau contoh bagi guru dan dapat memberikan rangsangan bagi kreativitas guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lain yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pencapaian prestasi belajar yang tinggi memerlukan perangkat yang menunjang keterlaksanaan proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan (1). Menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak digunakan sebagai acuan mengajar bagi guru untuk mencapai suatu pembelajaran yang valid; (2). Mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Ternate dan dibatasi pada materi keanekaragaman hayati serta dilaksanakan pada November tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Model Learning Cycle  5e Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate dengan nilai validasi untuk Silabus rata-rata 4,31 dengan kategori sangat valid, hasil validasi RPP dengan rata-rata 1,14 kategori kurang valid, dan hasil validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan rata-rata 22,1 kategori cukup valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini layak digunakan dalam proses belajar-mengajar.


Kata Kunci


Model Learning Cycle 5e; Keanekaragaman Hayati; SMA Negeri 5 Kota Ternate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Bahtiar, B. (2015). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Multietnis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(1), 1–13.

Indriyani, Y., Dahlan, D., & Pinayani, A. (2006). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi, 2(1–15).

Mas’ud, A. (2014). Desain Model Perangkat Pembelajaran Melalui Pendekatan STM Berbasis Kepulauan Di SMA Kota Ternate. Jurnal EduBio Tropika, 2(1).

Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.

Semiawan, C., Tanggayoong, A. F., Belen, S., & Matahelemual, Y. Suseloardjo, W. (1990). Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Gramedia.

Widoyoko, E., P. (2016). Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Yusuf, Y., Saibi, N., Ramli, M. R., & Nursia, N. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Biopedagogia, 3(2), 158–169.

Zainal, A. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Insan Cendikia.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.4272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.