PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 KOTA TERNATE
Sari
Penelitian Tindakan Kelas tentang Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Base Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Kota Ternate. Desain yang digunakan dalam penelitian ini, mengacu pada model Kemmis dan Taggart (dalam Depdiknas, 1999) yang terdiri atas 4 tahap, meliputi: perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas ilmiah siswa kelas 7 SMPN 1 Kota Ternate pada konsep Ekosistem sebesar 0,5%.; 2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 7 SMPN 1 Kota Ternate pada konsep Ekosistem.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asikin.2002. Pembelajaran Matematika berbasis Kontruktivisme kontekstual. Meteri Pelatihan guru SLTP dalam rangka implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Untuk SMP.
Depdiknas. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Direktorat Jendelal Pendidikan dasar dan Menengah.
Depdiknas, 2003b. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Muhardjito,2008. Teknik Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rosda karya
Slavin, R.E. 1997. Educational Psychology, Theory an Practice. Fifth Edition, Boston: Allyn and Bacon.
Zuhriah, Nurul. 2003. Penelitian Tindakan. Malang: Bayumedia Publishing
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v1i2.4343
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.