PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Fitri Wahyuni, Dharmawaty M. Taher, Zulkifli Ahmad

Sari


Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang memberikan kerangka kerja dan implementasi berpikir siswa sehingga dapat mengakses informasi secara efektif. Adanya kolaborasi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan keterampilan proses menjadikan proses pembelajaran lebih berpusat pada siswa, karena dalam proses pembelajaran tersebut, siswa di tuntut untuk dapat merumuskan hipotesis, merancang bahan percobaan, mengadakan eksperimen, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa, serta mempelajari peningkatan keduanya pada kelas VII-F di SMP Negeri 1 Kota Ternate dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pendekatan keterampilan proses pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), langkahlangkah yang terdapat dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada tes awal siklus I diperoleh presentase 0% dan tes akhir 4% sedangkan ketuntasan belajar siswa pada tes awal siklus II diperoleh presentase 52% dan tes akhir 87%. Sementara itu, untuk aktivitas belajar siswa juga terjadi peningkatan yang cukup besar, yakni 67% di siklus I dan 100% di siklus II. Peningkatan yang terjadi memiliki selisih 33%.

Kata Kunci


Inkuiri Terbimbing; Pendekatan Keterampilan Proses; Aktivitas; Hasil Belajar Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson. (2001). Hasil Belajar Kognitif. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Anonim. (2010). Hasil Belajar. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Anonim. (2011). Pendekatan Ketrampilan Proses. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi ke V. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Conny. (2002). Pendekatan Ketrampilan Proses. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Corebima, D.A.,Mas’ud, A.,dan Sundari. (2010). Penelitian Tindakan Kelas,di Siapkan Untuk Guru dan Calon Guru.Ternate: LepKhair.

Dahlan. (1990). Model Pembelajaran Inkuiri. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Daniar. (2008). Presentasi Aktivitas Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Pendekatan Ketrampilan Proses. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gilstrap dan Martin. (2005). Kekurangan Model Pembelajaran Inkuiri. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Hake. (2003). Normalisasi Gain. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Junaidi, Wawan. (2010). Aktivitas Belajar Siswa. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UNJ.

Kurnia, Ahmad. (2012). Manajemen Pendidikan. (PDF Online). Bekasi:

Perpustakaan UNJ.

La Fala, W. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi (Skripsi) tidak di publikasikan. Ternate: FKIP. Unkhair.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Purwanto. (2007). Instrumen dalam Suatu Penelitian. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Rustaman. (2005). Macam-Macam Pendekatan Ketrampilan Proses.

(PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Sagala. (2007). Pendekatan Ketrampilan Proses. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. (2003). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.

Suherman. (2001). Analisis data Kualitatif. (PDF Online). Bandung:

Perpustakaan UPI.

Suradji. (2010). Penerapan Pendekatan Ketrampilan Proses Melalui Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Skripsi) (Online). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suwandi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tuhulele, S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigasi berbasis pendekatan konstruktivisme pada konsep tumbuhan (plantae). (Skripsi) tidak di publikasikan. Ternate: FKIP. Unkhair.

Usman. (1991). Hasil Belajar. (PDF Online). Bandung: Perpustakaan UPI.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v1i2.4350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.