PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) BERBANTUAN APLIKASI KIPIN SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA TERNATE
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, H., Ahmad, Z., & Sudiono, S. (2018). IT Capability Mapping on Biological Students in the Industrial Revolution Era 4.0. Proceedings of the 1st International Conference on Teaching and Learning, 269–273. https://doi.org/10.5220/0008900702690273
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2014). Platform Framework for Teaching and Assessment, Revised Taxonomy of Bloom Education. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azhar, L. O. M., Roini, C., & Hasan, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) melalui Virtual Class terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Kemampuan Dasar Mengajar. EDUKASI, 19(2).
Bahtiar, B. (2013). Potensi Pembelajaran yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (Tps) dan Reading Questioning Answering (Rqa) untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Multietnis di Ternate. Prosiding Seminar Biologi, 10(2).
Ball, D. L., & Forzani, F. M. (2009). The Work of Teaching and the Challenge for Teacher Education. Journal of Teacher Education, 60(5), 497–511. https://doi.org/10.1177/0022487109348479
Darmawan, E., Brasilita, Y., Zubaidah, S., & Saptasari, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Berbeda Gender dengan Model Pembelajaran SIMAS ERIC di SMAN 6 Malang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 47–56.
Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (1988). Strategies for Teachers: Teaching content and thinking skills. Prentice hall.
Fauzi, A., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013). Pengaruh Kemampuan Akademik Terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa Kelas X dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Script di Malang. In Skripsi. Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang.
Ghiffar, M. A. N., Nurisma, E., Kurniasih, C., & Bhakti, C. P. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Dalam Meningkatkan Critical Thinking Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional STKIP Andi Matappa Pangkep, 1(1), 85–94.
Imel, S. (2002). Metacognition Background Brief from the QLRC News Summer 2004. Diakses Dari http://www.cete.org/Acve/Does/Tia.17.pdf
Indramawan, A. (2020). Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Bahasa Mahasiswa. INNOVATIVE, 8(01), 137–180.
Kobalia, K., & Garakanidze, E. (2010). The Professional Competencies of the 21st Century School Teacher. Problems of Education in the 21st Century, 20. http://oaji.net/pdf.html?n=2014/457-1400134439.pdf
Lashari, D. A., Lisa, Y., & Julung, H. (2017). Pengaruh Model Reading Questioning Answering (RQA) terhadap Pengetahuan Metakogitif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 27–33.
Lupascu, A. R., Pânisoară, G., & Pânisoară, I.-O. (2014). Characteristics of Effective Teacher. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 127, 534–538. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.305
Majid, I. (2022). Studi Tentang Keterampilan Metakognisi, Berpikir Kritis dan Retensi dalam Pembelajaran Biologi Siswa SMAN 10 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 583–593.
Maulida, A., & Mayasari, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia Kelas XI SMA PGRI di Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(3).
Sholihah, M., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Model Pembelajaran Reading Concept Map-Reciprocal Teaching (REMAP RT). State University of Malang.
Syarifah, H., Indriwati, S. E., & Corebima, A. D. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Laki-Laki dan Perempuan SMAN di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 801–805.
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i1.4385
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.