PENYEBARAN DAN POPULASI TUMBUHAN MANGGA KASTURI (Mangifera casturi Kostern) DI KOTA TIDORE KEPULAUAN

Ibnu Abdillah, Abdulrasyid Tolangara, Hasna Ahmad

Sari


Penyebaran tumbuhan merupakan gerak/perpindahan individu suatu tumbuhan kedalam atau keluar dari populasi pada habitatnya. Populasi sendiri merupakan sekelompok organisme yang memiliki jenis yang sama dan menduduki suatu ruang atau tempat tertentu, memiliki berbagai sifat tertentu sebagai sifat dari kelompok tersebut dan bukan sifat individu. Beberapa dari sifat tersebut adalah kerapatan,  natalitas (laju kelahiran), mortalitas (laju kematian), penyebaran umur, potensi biotik, dispersi, dan bentuk pertumbuhan atau perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran tumbuhan Mangga Kasturi dan populasinya di Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, objek pada penelitian ini adalah  tumbuhan Mangga kasturi. Pengambilan data dilakukan dengan metode jelajah yang diawali dengan penentuan 5 stasiun pemgamatan di Kota Tidore Kepulauan diantaranya Kelurahan Tomagoba, Tambula, Gurabati, Toloa dan Ome. Data yang diamati berupa jumlah individu dari tumbuhan Mangga kasturi yang berada pada setiap stasiun pengamtan. Data penyebaran di analisis menggunakan Indeks Morista dan data Populasi dihitung menggunakan rumus kerapatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebaran tumbuhan mangga kasturi di Kota Tidore Kepulauan dengan Id=2,50 atau >1 dan termasuk dalam kategori mengelompok. Sedangkan Populasi Mangga kasturi di Kota Tidore Kepulauan  bahwa populasi tumbuhan tersebut dengan nilai sebesar 0,0421 km2, maka termasuk populasi rendah.

Kata Kunci


Penyebaran; Populasi; Mangga kasturi; Tidore Kepulauan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmawan, A. R. B. (2015). Usaha Peningkatan Kualitas Mangga Kasturi (Mangifera casturi) dengan Modifikasi Budi Daya Tanaman. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, 1(4), 894–899.

Djufri, D. (2002). Determination of Distribution Pattern, Association, and Interaction of Plant Species Particularly the Grassland in Baluran National Park, East Java. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 3(1).

Gafar, N. A., Tolangara, A., & Papuangan, N. (2022). PEMANFAATAN TUMBUHAN BAMBU DI KELURAHAN COBODOE KOTA TIDORE KEPULAUAN. JURNAL BIOEDUKASI, 5(1), 44–49.

Herawati, H. (2019). KAJIAN POPULASI TUMBUHAN WANGA (Pigafetta elata) DI WILAYAH TORAJA, SULAWESI SELATAN. Universitas Negeri Makassar.

Katili, A. S. (2013). Deskripsi Pola Penyebaran dan Faktor Bioekologis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang Sub Kawasan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Sainstek, 7(02).

Metananda, A. A., Zuhud, E. A. M., & Hikmat, A. (2015). Populasi, Sebaran dan Asosiasi Kepuh (Sterculia foetida L.) Di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Media Konservasi, 20(3).

Odum, E. P. (1993). Dasar-dasar ekologi edisi ketiga. In Gadjah Mada Univesity Press, Yogyakarta.

Rani, C. (2003). Metode pengukuran dan analisis pola spasial (dispersi) organisme bentik. Jurnal Protein, 19(1), 1351–1368.

Ronny, K. (2003). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.

Saibi, N., & Tolangara, A. R. (2017). Dekomposisi Serasah Avecennia lanata pada Berbagai Tingkat Kedalaman Tanah. Techno: Jurnal Penelitian, 6(01), 56–63.

Sari, S. G. (2014). Kelimpahan dan Penyebaran Populasi Mangifera Casturi sebagai USAha Konservasi dan Pemanfaatan Tumbuhan Langka Khas Kalimantan Selatan. EnviroScienteae, 10(1), 41–48.

Sartika, S., Setiawan, A., & Master, J. (2017). Populasi dan Pola Penyebaran Kantong Semar (Nepenthes gracilis) di Rhino Camp Resort Sukaraja Atas Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Jurnal Sylva Lestari, 5(3), 12–21.

Sofiah, S., Setiadi, D., & Widyatmoko, D. (2013). Pola penyebaran, kelimpahan dan asosiasi bambu pada komunitas tumbuhan di Taman Wisata Alam Gunung Baung Jawa Timur. Berita Biologi, 12(2), 239–247.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suparman, P. A., & Hidayat, T. (2013). Phylogenetic analysis of Mangifera based on rbcL sequences, chloroplast DNA. Sci Papers Ser B Hort, 57, 235–240.

Tolangara, A. (2020). Dioscorea Maluku Utara: Keanekaragaman Jenis dan Bentuk Pemanfaatan (R. Rasyid & H. Herman (eds.); Pertama). Badan Penerbit UNM.

Wahyudi, D. (2010). Distribusi dan Kerapatan Edelweis (Anaphalis javanica) di Gunung Batok Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5402

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.