PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP NEGERI 44 HALMAHERA BARAT

Angriani Nofita Djepy, Abdulrasyid Tolangara, Taslim D. Nur

Sari


Kemampuan berpikir kritis maupun pemahaman konsep IPA merupakan salah satu poin penting yang akan dicapai dalam pembelajaran IPA.  Memanfaatkan model maupun media pembelajaran berbasis teknologi seperti video pembelajaran, karena memiliki peranan besar yang mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri 44 Halmahera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, Dengan rancangan Pretest-Posttest Non-equiavalent Control Group Desiagn. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII yang berjumlah 40 orang siswa, sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu sampel populasi yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIa dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan video pembelajaran dan Kelas VIIb dengan model pembelajaran discovery learning. Pengumpulan data menggunakan soal esay sebanyak 5 butir soal. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas berbantuan SPSS Versi 16, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berabantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VII SMP Negeri 44 Halmahera Barat, dengan taraf signifikan 0,037 < 0,05 dengan demikian maka hipotesis diterima. Dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berabantuan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VII SMP Negeri 44 Halmahera Barat,  dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05 sehingga dengan demikian maka hipotesis diterima.

Kata Kunci


Dicovery Learning; Video Pembelajaran; Berpikir Kritis; Pemahaman Konsep IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cahyo, A., N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan terpopuler. Diva Prees.

Chance, P. (1986). Thinking in the classroom: A survey of programs. New York: Teachers College, Columbia University.

Dafira I., S. & Widodo, W., (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan. Universitas Negeri Semarang. Pensa E-Jurnal. Vol 9 No 2.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Ennis & Finken. (1993). Illyonis Critical Thinking Essay Tes. Departemen of education Policy studies. Coleg of education. University Ilinois.

Ermiana, I., Karma, I., N. & Affandi, L., H. (2020). The Effectiveness of Multimedia-Based Learning on Student’ Concept Understanding at Grade 4 Elementary School in Kediri District. In Proceedings of the 1st annual conference on education and social sciences (access 2019). doi (Vol. 10).

Firdaus, R., J., Wahyuni, S. & Utomo, A., P. (2021). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Kontektuand Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Universitas Jember. Physes Science Education Jurnal. Vol 1 No 2.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017. 96-102.

Halpern, D., F. (1989). Thought and knowledge: An introduction to critical thinking (2nd ed.). Hillsdale, NJ, England: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. xvii 517 pp.

KEMENDIKBUD. (2013). Permendikbud Nomor 32, Tahun 2013, tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kumala, F., N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Indografika.

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F. & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 273-284.

Nurjanah, R., R., Yadi, R., & Baskoro, A., P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Biologi, 12 (2).

Patrianingsih, E., A., Nurhayati, B & Kaseng, E., S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Negeri 3 Takalar. Universitas Negeri Makasar. Jurnal Of Biological Education, (1)1.

Pratiwi, E., M., Gunawan & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, (7)2.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran IlmuPengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2).

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Schunk, D., H. (2012). Learning Theories. Jakarta: Pustaka belajar.

Suryani, E., Rusilowati, A. & Wardono. (2016). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan TWO-TIER TEST Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Jurnal of Primary Education, 5(1), 56-65.

Walker, P. & Finney, N. (1999). Skill Development and Critical Thinking in Higher Education. Higher Education Research & Development Unit, University College, London WC1E 6BT, UK.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234-237: Universitas Muhammadiyah Sukabumi




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.