PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP NEGERI 44 HALMAHERA BARAT
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cahyo, A., N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan terpopuler. Diva Prees.
Chance, P. (1986). Thinking in the classroom: A survey of programs. New York: Teachers College, Columbia University.
Dafira I., S. & Widodo, W., (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan. Universitas Negeri Semarang. Pensa E-Jurnal. Vol 9 No 2.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Ennis & Finken. (1993). Illyonis Critical Thinking Essay Tes. Departemen of education Policy studies. Coleg of education. University Ilinois.
Ermiana, I., Karma, I., N. & Affandi, L., H. (2020). The Effectiveness of Multimedia-Based Learning on Student’ Concept Understanding at Grade 4 Elementary School in Kediri District. In Proceedings of the 1st annual conference on education and social sciences (access 2019). doi (Vol. 10).
Firdaus, R., J., Wahyuni, S. & Utomo, A., P. (2021). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Kontektuand Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Universitas Jember. Physes Science Education Jurnal. Vol 1 No 2.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017. 96-102.
Halpern, D., F. (1989). Thought and knowledge: An introduction to critical thinking (2nd ed.). Hillsdale, NJ, England: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. xvii 517 pp.
KEMENDIKBUD. (2013). Permendikbud Nomor 32, Tahun 2013, tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kumala, F., N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Indografika.
Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F. & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 273-284.
Nurjanah, R., R., Yadi, R., & Baskoro, A., P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Biologi, 12 (2).
Patrianingsih, E., A., Nurhayati, B & Kaseng, E., S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Negeri 3 Takalar. Universitas Negeri Makasar. Jurnal Of Biological Education, (1)1.
Pratiwi, E., M., Gunawan & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, (7)2.
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran IlmuPengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2).
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Schunk, D., H. (2012). Learning Theories. Jakarta: Pustaka belajar.
Suryani, E., Rusilowati, A. & Wardono. (2016). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan TWO-TIER TEST Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Jurnal of Primary Education, 5(1), 56-65.
Walker, P. & Finney, N. (1999). Skill Development and Critical Thinking in Higher Education. Higher Education Research & Development Unit, University College, London WC1E 6BT, UK.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234-237: Universitas Muhammadiyah Sukabumi
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5403
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.