KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MAN 1 HALMAHERA SELATAN DENGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Roni Daud, Ade Haerullah, Bahtiar Bahtiar, Dharmawaty M Taher

Sari


Pembelajaran biologi di sekolah menuntut siswa agar tidak hanya memahami suatu konsep, prinsip, teori, hukum dan postulat yang berkait dengan kehidupan makhluk hidup beserta interaksinya dengan lingkungan, namun juga memahami bagaimana menghadapi persoalan hidup dan menghadapi fenomena alam yang terjadi di sekitar karena kekuasaan Tuhan sehingga seseorang mampu mengarahkan diri menuju manusia seutuhnya dalam mengembangkan kecerdasan spiritual secara holistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu membangun kecerdasan spiritual siswa kelas X pada MAN 1 Halmahera Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design, dilaksanakan di kelas X-A. Instrumen tes digunkan untuk mengukur kecerdasan spritual. Analisis data menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran biologi berbasis PBL dapat berpengaruh terhadap kecerdasan spiritual siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PBL dapat membangun kecerdasan spritual siswa kelas X MAN 1 Halmahera Selatan.


Kata Kunci


Pembelajaran Biologi; Berbasis PBL; Kecerdasan; Spritual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A & Zakaria, E. (2014). The effects of Van Hiele’s phase of learning geometry on students’ degree of acquistion of van hiele levels. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 102. hlm. 251 – 266.

Alwasilah, Chaedar. 2007. CTL Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center. Materi pembelajaran yang memaparkan pembahasan pengetahuan umum yang terintegrasi dengan nilai agama.

Daud R, Haerullah A, Bahtiar B, Yusuf R. 2023. Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Nilai Iskam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Selatan. Jurnal Wahana Pendidikan Vol 9 No 1.

Karomah, R., Nuzuar, N., & Arbaini, W. (2019). Hubungan Antara Pembelajaran Pendidikan Agama Iislam dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas vii SMP N 4 Rejang Lebong. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/26

Lisda Rahmasari, 2012. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan, Majalah Ilmiah Informatika Vol 3 No.1

Ma’zumi, Jakaria. 2012 “Contribution of Madrasah to the Development of the Nation Characterâ€. 1, 11.

Mirnawati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 56–64. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240

MZ, Z. A., Anggraini, F., Kusnadi, K., & Alfiah, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematis Berbasis Pbl Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(2), 168. https://doi.org/10.32934/jmie.v3i2.132

Sabki, A’ishah Ahmad, and Glenn Hardeker. 2013. “ The Madrasah consep of Islamic pedagogy,†Educational Review 65 (3): 342-56.

Setiyani, M. S. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Kecerdasan Emosional terhadap Kesiapan Kerja melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Siswa Kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Demak Tahun Ajaran 2019/2020)â€. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang

Wahono Widodo, dkk. (2016). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.

Wardani S. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kecerdasan Spiritual. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Zohar, Danah. dan Marshal, Ian. (2010). Spritual Capital : Wealth we Can Live By. San Francisco. Berrett-Koehler Publishers.

Zohar, Danah. Marshal, Ian (2001). Spiritual Intellegence : The Ultimate Intellegence. London. Bloomsburry Publishing.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.5888

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.