PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 12 HALMAHERA TIMUR
Sari
Â
Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dibutuhkan suatu pembelajaran yang efektif. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X semester II SMA Negeri 12 Halmahera Timur pada materi Ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 12 Halmahera Timur pada materi ekositem. Hasil observasi aktivitas  siswa pada siklus I yaitu 69%, siklus II yaitu meningkat menjadi 84%. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu 85%, siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I sebanyak 13 orang yang belum tuntas atau sebanyak 65% yang belum mencapai ketuntasan belajar atau belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II sudah mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 19 orang yang tuntas atau sebanyak 95% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum tematik integratif/KTI) (T. T. T. Trianto (ed.)). Prenadamedia Group.
Amir, M. T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana pendidikan memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.
Haerullah, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTS Negeri Kota Ternate. Jurnal Bionature, 14(2), 105–111. https://doi.org/10.35580/bionature.v14i2.1455
Haerullah, Ade, & Tamalene, M. N. (2017). PBMP untuk Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Multietnis. Bioedukasi, 10(2), 29–34. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.12982
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Idhar, A., Haerullah, A., & Roini, C. (2019). Pengaruh Perpaduan Model Think Pair Share (TPS) dan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Edukasi - Jurnal Pendidikan, 17(1), 74–84. https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1082
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
Majid, A., & Arief, Z. A. (2015). Hubungan Antara Motivasa Belajar dan Partisipasi Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika (Survey pada Siswa Kelas VIII di MTs Attaqwa Cicurug Sukabumi). Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2).
Majid, I. (2015). Meningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD Tunas Barito Sidangoli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Phair Share (TPS) pada Konsep Perubahan Sifat Benda. Edukasi - Jurnal Pendidikan, 13(1), 187–194.
Suparman & Husen, D. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Bioedukasi Universitas Khairun, 3(2), 367–372.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) (Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan). Deepublish.
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.5899
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.