PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (e-LKPD) BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) MATERI SISTEM PERNAPASAN SISWA KELAS XI MIA I MAN 1 MAJENE

Nur Amaliah, Marwah Marwah, Ariandi Ariandi, Masyitha Wahid

Sari


Penelitian Research and Development ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) Mata Pelajaran Sistem Pernapasan Untuk Siswa Kelas XI, yang valid praktis dan efektif. Adapun, prosedur penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Develop), penerapan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Lokasi penelitian di MAN 1 Majene, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Subjek penelitian adalah kelas XI MIA 1. Penilaian validitas e-LKPD berbasis SSCS dilakukan oleh 4 validator ahli yang menggunakan lembar penilaian validasi ahli materi dan ahli media, kepraktisan dinilai berdasarkan respon pendidik dan respon peserta didik dengan menggunakan angket yang telah dinyatakan valid oleh validator dan keefektifan diukur dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata total validitas dari ahli materi sebesar 84% dan ahli media sebesar 78% yang artinya e-LKPD berbasis SSCS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Hasil analisis kepraktisan media pembelajaran e-LKPD berbasis SSCS menunjukkan nilai rata-rata total kepraktisan dari respon guru sebesar 86% yang berada pada rentang nilai (81-100%) dan respon peserta didik 72.5% yang berada pada rentang skor (61-80%). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis SSCS telah memenuhi kriteria praktis. Persentase perhitungan analisis hasil belajar peserta didik yang mencapai ketuntasan adalah 66,67%. Perolehan analisis tersebut jika dicocokkan dengan tabel kriteria keefektifan yang berada pada rentang skor (61-80%) yang artinya e-LKPD berbasis SSCS dapat dikatakan “efektifâ€.

Kata Kunci


ADDIE; e-LKPD; Search; Solve; Create and Share (SSCS)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriyani, E. Y. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia Di Kelas XI SMA. Pendidikan Kimia, 10(1), 6–11.

Aqsan, M., & Karim, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 323-328.

Bakhtiar, S. (2011). Biologi untuk SMA dan MA Kelas XI. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

Febriyanti, E. (2017). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving pada Materi Kesetimbangan Kimia Di SMAN 2 Kota Jambi. (Skripsi, Universitas Jambi).

Hanum,Eva L., dkk. (2009). Biologi 2 Kelas XI SMA dan MA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun2009. Jakarta. ISBN 978-979-068-839.

Maiyena, S. (2013). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter untuk Materi Global Warming. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1).

Pujiyanto, S., & Ferniah, R. S. (2016). Buku Peserta didik Menjelajah Dunia Biologi untuk SMA/MA Kelas XI. Tiga Serangkai.

Purnomo. (2009) Biologi: Kelas XI untuk SMA dan MA/Purnomo - BSE. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.

Putra, N. (2011). Reseacrh and Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo.

Rochman, C. (2015). Analisis dan Kontribusi Kemampuan Konsep Dasar Fisika, Literasi Kurikulum Pembelajaran dan Psikologi Pembelajaran terhadap Kemampuan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains (Snips), 15.

Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal of Primary Education, 2(2), 63-70.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid- 19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Sari, B., K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Jurnal Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 87-102

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(1), 60-67.

Yuni, E., Ernawati, M. D. W., & Malik, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek pada Materi Termokimia di Kelas XI SMA. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(1), 6.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.6044

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.