INOVASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MULTI TEKNOLOGI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Waliyyatu Azzahra, Utari Akhir Gusti, Ari Widodo

Sari


Pembelajaran abad 21 dicirikan dengan semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk mampu beradaptasi dalam mempersiapkan pembelajaran yang inovatif dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan suatu inovasi pembelajaran melalui implementasi Model Discovery Learning diintegrasikan dengan beberapa teknologi, yaitu website Learn-ChemE, Aplikasi Climate Science, Google Jamboard, dan Youtube pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dari berbagai buku dan artikel jurnal yang relevan. Sumber-sumber tersebut disintesa menjadi satu kesatuan dan digunakan sebagai dasar untuk mendukung gagasan penulis dalam pembuatan artikel ini. Kajian literatur ini memberikan rekomendasi model pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran yang lebih inovatif dan bermakna, serta memudahkan guru dalam mengkoordinir proses pembelajaran.


Kata Kunci


inovasi pembelajaran; model discovery learning; multi teknologi; studi literatur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambaryani, A. & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 19-28.

Ambaryani, G. S. A. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3, 66–74.

Amirullah, G. & Susilo, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada konsep monera berbasis smartphone android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555

Amyani, E. S., Ansori, I., & Irawati, S. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15-20.

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi biologi siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5-9.

Azizah, S., Khuzaemah, E., & Lesmanawati, I. R. (2017). Penggunaan media internet eXe-Learning berbasis masalah pada materi perubahan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 197-213.

Azzahra, W. & Alberida, H. (2020). Pengaruh penerapan model problem solving terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan aktivitas belajar peserta didik. Bioeducation Journal, 4(1), 20–28.

Azzahra, W. & Supriatno, B. (2023). Evaluasi desain kegiatan praktikum materi transpor zat dan implementasi hasil rekonstruksinya pada kurikulum merdeka. BEST Journal (Biology Education, Sains, and Technology), 6 (1), 571-577

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69-77.

Creswell, J.W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan. Mixed) Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Duffy, P. (2007). Engaging the YouTube Google‐Eyed Generation: Strategies for Using Web 2.0 in Teaching and Learning. In European Conference on ELearning, ECEL (pp. 173-182)

Gusti, U. A. & Artha, H. W. (2022). Pengembangan Smart Backgammon sebagai media pembelajaran berbasis literasi lingkungan untuk peserta didik SD/MI. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(01), 7-13.

Gusti, U.A, Rismawati, R., Artha, H. W., & Noviandri, N. (2022). Analisis pengembangan media pembelajaran berbasis literasi lingkungan untuk peserta didik sekolah dasar. IBERS: Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 1(1), 1-7.

Henschel, H., Jon, L., & Pellett, T. (2009). Integrating Digital Video Technology in the Classroom. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 80(6), 40-45. Retrieved January 9, 2014, from ProQuest.

Joyce, B., Weil, M., and Shower, B. 1992. Models of teaching 4th ed. Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher.

Mulyati, B., Idmi, I., & Arfiyanah, S. (2018). Model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran akuntansi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.47080/progress.v1i1.130

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa [Disertasi] Universitas Negeri Malang.

Sartika, D. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran penemuan (discovery learning) materi sistem ekskresi pada manusia kelas VIII. 6 SMPN 1 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Tanfiziyah, R., Ksasanah, M., Riandi, Supriatno, B. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi: Model Learning Cycle 5E Menggunakan Gather Town pada Materi Protista. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 01-10.

Widodo, A. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam: Dasar-dasar untuk Praktik. Bandung: UPI Press.

Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan modul berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) berwawasan lingkungan pada materi pencemaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6463

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.