PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM SAMARGALILA HALMAHERA SELATAN

Harun Ibrahim, Dharmawaty M. Taher, Ade Haerullah

Sari


Model pembelajaran RADEC berbantuan aplikasi Quiziz merupakan model pembelajaran yang di modifikasi untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar dalam memecahkan permasalahan pembelajaran yang belum sesuai dengan tuntutan tujuan pendidikan nasional pada keterampilan abad 21. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaaran RADEC berbatuan aplikasi  Quizizz terhadap hasil belajar siswa SMP Islam Samargalila Labuha dan mengetahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan aplikasi Quiziz. Jenis penelitian ini yaitu Quasy eksperimen dengan Design type Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Samargalila Labuha Kecamatan Bacan Kabupaten Halmahera Selatan, dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2  sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas berbantuan SPSS sedangkan uji hipotesis mengunakan uji anacova dan Uji Korelasi. Hasil penelitian Menujukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaaran RADEC berbatuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa dengan tafar signifikan sebesar 0,000 juga terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran RADEC berbatuan Aplikasi Quiziz pada siswa pada tafar signifikan sebesar 0,002 (lebih kecil dari 0,05) dengan koefisien korelasi 0,431.


Kata Kunci


hasil belajar; model pembelajaran; RADEC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, M. et al. (2021) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGDS’, Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), pp. 140–152.

Danana, R. (2019) Perencanaan Pembelajaran. Edited by Amiruddin. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Atapukang, N. (2016) ‘Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi’, Jurnal Media Komunikasi Geografi, 17(2), pp. 45–52.

Chairunnisa, C. C., Prihantini dan Sukardi, R. R. (2022) ‘Model Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Pembelajaran Daring’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), pp. 151–156. doi: 10.31949/educatio.v8i1.1819.

Citra, C. A. dan Rosy, B. (2020) ‘Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), pp. 261–272. doi: 10.26740/jpap.v8n2.p261-272.

Darmayanti, N. et al. (2023) ‘Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), pp. 3388–3395. doi: 10.29240/belajea.v5i1.1329.

Gazali, R. Y. (2016) ‘Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel’, PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), p. 182. doi: 10.21831/pg.v11i2.10644.

Gusvita, A. (2021) ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Aplikasi Quiziz pada Era Covid-19’, Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), pp. 16–27. doi: 10.30596/intiqad.v13i1.6582.

Hdanayani, H. et al. (2019) ‘Dampak Perlakuan Model Pembelajaran Radec Bagi Calon Guru Terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, pp. 79–93. doi: 10.23969/jp.v4i1.1857.

Nurhayati, E. (2020) ‘Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19’, Jurnal Pedagogi: Jurnal Penelitian & Pengabdian Pendidikan, 7(3), pp. 145–150. doi: 10.34012/bip.v2i2.1729.

Pratama, Y. A. et al. (2020) ‘Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar’, JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), pp. 191–203. doi: 10.22219/jinop.v6i2.12653.

Pratama, Y. A., Sopdani, W. dan Hidayah, Y. (2019) ‘RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain Dan Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context’, International Journal for Educational dan Vocational Studies, 1(2), pp. 109–115. doi: 10.29103/ijevs.v1i2.1379.

Setiawan, T. Y., Destrinelli, D. dan Wuldanari, B. A. (2022) ‘Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec di Sekolah Dasar : Systematic Literature Review’, Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), p. 133. doi: 10.31764/justek.v5i2.11421.

Sholikin, N. W., Sujarwo, I. dan Abdussakir, A. (2022) ‘Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 386–396. doi: 10.31004/cendekia.v6i1.1163.

Sopandi, W. (2019a) ‘Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah’, Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), pp. 19–34. doi: 10.21070/pedagogia.v8i1.1853.

Sopandi, W. (2019b) ‘Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah (Dissemination dan Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary dan Secondary Education Teachers)’, PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Sukma, N., Lestari, P. I. dan Nur, R. A. (2021) ‘Pengaruh Media “Quizizz” Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa’, Binomial, 4(2), pp. 154–166. doi: 10.46918/bn.v4i2.1042.

Suparman dan Husen, D. N. (2015) ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning’, Bioedukasi Universitas Khairun, 3(2), pp. 367–372.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6984

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.