ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI TENTANG BAGIAN DAN FUNGSI MIKROSKOP SERTA PERAWATANNYA

Rukmiati Mardani, Nurmaya Papuangan, Yusmar Yusuf

Sari


Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita dapat mengamati obyek yang berukuran sangat kecil (mikroskopis). Hal ini membantu memecahkan persoalan manusia tentang organism yang berukuran kecil. Pengenalan laboratorium sangat penting dilakukan agar mahasiswa mengetahui cara-cara penggunaan alat tersebut dengan baik dan benar, sehingga dapat menimalisisr kesalahan prosedur  pemakain alat.  Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif  yang bertujuan untuk menggambarkan tingkat pengetahuan mahasiswa program studi pendidikan biologi semester 2 tentang bagian dan fungsi mikroskop serta perawatannya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dasar tentang bagian dan fungsi mikroskop mahasiswa program studi pendidikan biologi dalam kategori baik sebesar 57%, 38% pada kategori cukup, dan 4% pada kategori kurang. Sedangkan untuk pengetahuan dasar tentang perawatan mikroskop pada kategori baik sebesar 68%, 23%, pada kategori cukup,dan 9% kategori kurang. Dari hasil penelitian isimpulkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa tentang bagian dan fungsi mikroskop pada kategori baik dengan rataan 83.72, dan pengetahuan tentang perawatan mikroskop juga pada kategori baik dengan rataan 80,95.

Kata Kunci


bagian; fungsi; mikroskop; perawatan; tingkat pengetahuan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriana, D. (2017). Problematika Guru Dari Aspek Ketersediaan Sarana Prasarana Menghadapi Era Standarisasi Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 291–297.

Arsyad, S. (2009). Konservasi tanah dan air. PT Penerbit IPB Press.

Burhan, B., & others. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Campbell, S. R., Anitsal, I., & Anitsal, M. M. (2013). Social Media’s Key Success Factors: An Analysis Of Customer Reactions. Business Studies Journal, 5(1).

Fuadi, F., & Pertiwi, S. P. (2023). Motivasi Dan Kompensasi Kerja Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di PT. Federal Internasional Finance (FIF) Cabang Cikande. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 522–544.

Hidayat, W., & others. (2023). Struktur Sel Epidermis Dan Stomata Daun Suku Orchidaceae Sebagai Penunjang Matakuliah Praktikum Anatomi Tumbuhan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Maharani, F., Komarudin, Y. T. S., & Suhardini, D. (2014). Pengaruh Promosi Dan Minat Baca Terhadap Kunjungan Pemustaka Ke Perpustakaan SD Salman Al Farisi Bandung. Edulibinfo, 1(2).

Merlina, D. (2021). Pengembangan Kinerja Mikroskop Binokular Menjadi Miskroskop Berkamera untuk Alat Praktikum dan Penelitian. Indonesian Journal of Laboratory, 4(1), 15–20.

Nevrita, N., Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis kompetensi TPACK pada media pembelajaran guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 203–217.

Ramli, M. R., Yusuf, Y., Saibi, N., Nursia, N., & Aswal, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Biologi Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Takalar. Biopedagogia, 4(1), 90–99.

Shofi, M., & Humairoh, D. (2019). Pengenalan dan pelatihan Penggunaan Mikroskop pada Siswa Kelas IV SD Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien Kediri. Prosiding (SENIAS) Seminar Pengabdian Masyarakat.

Sumanti, S. (2019). Pengaruh Keputusan Pendanaan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). STIE Nobel Indonesia.

Sunita, R. (2021). Variasi waktu pemeriksaan glukosa darah puasa pada penderita diabetes melitus. Journal of Nursing and Public Health, 9(1), 78–81.

Suprapto, F. (2018). Rekayasa perangkat lunak. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Usman, H. (2017). Akbar, Purnomo Setiady. 2011. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusuf, Y., Saibi, N., Ramli, M. R., & Nursia, N. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Biopedagogia. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v3i2.2336




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i1.8026

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.