PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA TERNATE
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul, L. R., Bahtiar, & Nur, T. D. (2021). Problem Based Learning Dengan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Mi Cemara Jaya. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 171–179.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. In Pena Persada. CV. Pena Persada.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:236625538
Djepy, A. N., Tolangara, A. R., & Nur, T. D. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Negeri 44 Halmahera Barat. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 124–133.
Haerullah, A., Suparman, S., Salewangeng, A., Bahtiar, B., Ali, M., & Tamalene, M. N. (2023). Pelatihan Guru IPA MTs Swasta di Kecamatan Ternate Selatan dalam Menerapkan Praktikum Keragaman Genetika Makhluk Hidup. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.257
Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2257–2262. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Jamaliyah, R., & Wulandari, N. F. (2022). Implementasi Vidio Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Man Purworejo. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 41–51.
Jurubasa, N., Majid, I., & Yusuf, Y. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 12 Halmahera Timur. Jurnal Bioedukasi, 6(1), 241–250. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.5899
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Saleh, S., Bahtiar, B., & Haerullah, A. (2019). Model Student Teams Achieviement Devision (Stad) Berpendekatan Saitifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Biologi Siswa Sma. Edukasi, 17(1), 66–73. https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1081
Suparman, & Husen, D. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367–372. https://doi.org/10.33387/bioedu.v3i2.109
Udil, P. A. (2023). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Bagi Guru Sdn Bokong 2. Community Development Journal, 4(2), 3843–3849. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14948
Utrifani, A., & Turnip, B. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Dikelas X SMA Negeri 14 Medan. Jurnal Inpafi, 2(2), 9–16.
Wahab, J., Bahtiar, B., & Mas’ud, A. (2024). Pembelajaran Biologi Model Group Investigation Berbantuan Peta Konsep Terhadap Metakognisi Siswa. Jurnal Bioedukasi, 7(1), 396–403. https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i1.8056
Wahyuni, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 151–165. https://doi.org/10.30587/postulat.v3i2.5043
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.
https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Seminar Nasional Tentang Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial Kerjasama, 11(1), 92–105.
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i2.9241
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Â
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.