PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 KOTA TERNATE

Sintia Kaimudin, Dharmawaty M. Taher, Bahtiar Bahtiar, WD. Syarni Tala

Sari


Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menjadikan sebuah masalah yang diambil dari lingkungan sekitar siswa sebagai pokok bahasan di dalam pembelajaran yang kemudian diselesaikan dan ditemukan solusinya secara bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk video animasi sebagai media pembelajaran bagi siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model PBL. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan dalam penelitian ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data uji kelayakan produk video animasi menunjukan bahwa produk video animasi layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi di SMA Negeri 3 Kota Ternate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, dari 28 siswa yang mengikuti proses pembelajaran hanya terdapat 11 siswa atau 39% yang dapat mencapai nilai KKM, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 53,93. Sedangkan pada siklus II terjadi peningakatan siswa yang tuntas yaitu sebanyak 26 siswa atau 93% yang berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 84,29. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan pada hasil pengamatan aktivitas siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siklus II mengalami peningkatan dari 77% menjadi 100%. Hal ini disebabkan karena aktivitas guru pada siklus II juga telah mengalami peningakatan dari 77% menjadi 92%. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan video animasi pada materi sistem gerak pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Kota Ternate.

Kata Kunci


hasil belajar; problem based learning; sistem gerak; video animasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, L. R., Bahtiar, & Nur, T. D. (2021). Problem Based Learning Dengan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Mi Cemara Jaya. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 171–179.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. In Pena Persada. CV. Pena Persada.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:236625538

Djepy, A. N., Tolangara, A. R., & Nur, T. D. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Negeri 44 Halmahera Barat. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 124–133.

Haerullah, A., Suparman, S., Salewangeng, A., Bahtiar, B., Ali, M., & Tamalene, M. N. (2023). Pelatihan Guru IPA MTs Swasta di Kecamatan Ternate Selatan dalam Menerapkan Praktikum Keragaman Genetika Makhluk Hidup. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.257

Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 2257–2262. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Jamaliyah, R., & Wulandari, N. F. (2022). Implementasi Vidio Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Man Purworejo. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 41–51.

Jurubasa, N., Majid, I., & Yusuf, Y. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 12 Halmahera Timur. Jurnal Bioedukasi, 6(1), 241–250. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i1.5899

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Saleh, S., Bahtiar, B., & Haerullah, A. (2019). Model Student Teams Achieviement Devision (Stad) Berpendekatan Saitifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Biologi Siswa Sma. Edukasi, 17(1), 66–73. https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i1.1081

Suparman, & Husen, D. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367–372. https://doi.org/10.33387/bioedu.v3i2.109

Udil, P. A. (2023). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Bagi Guru Sdn Bokong 2. Community Development Journal, 4(2), 3843–3849. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14948

Utrifani, A., & Turnip, B. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Dikelas X SMA Negeri 14 Medan. Jurnal Inpafi, 2(2), 9–16.

Wahab, J., Bahtiar, B., & Mas’ud, A. (2024). Pembelajaran Biologi Model Group Investigation Berbantuan Peta Konsep Terhadap Metakognisi Siswa. Jurnal Bioedukasi, 7(1), 396–403. https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i1.8056

Wahyuni, S. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 151–165. https://doi.org/10.30587/postulat.v3i2.5043

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.

https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Seminar Nasional Tentang Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial Kerjasama, 11(1), 92–105.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i2.9241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.