Pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) terhadap berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 23 Makassar

Nurul Rahma Yanti, Andi Tenri Ola Rivai, Syamsul Syamsul

Sari


Tujuan penelitian ini, mengetahui : (1) berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 23 Makassar, (2) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 23 Makassar, (3) berpikir kritis yang diajar tanpa menggunkan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 23 Makassar, (4) hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 23 Makassar, (5) pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) terhadap berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 23 Makassar, (6) pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMPN 23 Makassar. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah 291 siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar. Ada total 86 orang yang disurvei: 44 berpartisipasi dalam kelompok kontrol dan 42 dalam kelompok kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan sebagai pengambilan data yaitu berupa lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang meliputi uji homogenitas, uji hipotesis dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan pada berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan nilai Sign < ɑ= <0,001. sehingga pada penelitian ini terdapat perbedaan signifikan antara berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) dengan menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada materi sistem ekskresi kelas VIII SMP Negeri 23 Makassar.

Kata Kunci


critical thinking; excretory system; learning outcomes; predict-observe-explain; student

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Alfiyanti, I. F., Jatmiko, B., & Wasis. (2020). The Effectiveness of Predict Observe Explain (POE) Model with PhET to Improve Critical Thinking Skills of Senior High School Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.34

Azis, E. (2020). ROAR : solusi peningkatan pemahaman konsep pembelajaran (H. Wijayanti (ed.)). CV Jejak.

Delita, D., Rasyid, A., & Sugandi, M. K. (2021). Predict observe explain (poe) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 93–97.

Dewi, R., & Pardede, M. (2021). Pengaruh Kemampuan kerja, motivasi dan pengembangan karier terhadap kinerja karyawan PT. Bina Buana Semesta. JEBI| Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 16(1), 19–25.

Faridloh, F., Muspiroh, N., & Ubaidillah, M. (2024). Application of the POE learning model assisted with the instagram application in improving critical thinking skills. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 12(1), 1–11.

Haerullah, A., Suparman, Roini, C., Pagala, J., & Ariyani, L. F. (2025). Building 21st century skills of multiethnic students: Studying genetic diversity in research-based exploration and the local potential of the north Maluku islands. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 8(2), 2322–2333. https://doi.org/10.53894/ijirss.v8i2.5685

Kastur, A., Riyanto, Y., & others. (2020). Feasibility of Developing Direct Learning Models With a Life Based Learning Approach. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 1(3), 261–270.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13.

Lestari, Y. M., Suama, I. W., & Darlian, L. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM SIRKULASI SMAN 1 KONAWE. Warta Dharmawangsa, 17(2), 569–579.

Mursid, R. (2020). The Effect of Learning Models and Rational Thinking Abilities on the Outcomes of Students Learning Science Class V State Elementary Schools in Percut Sei Tuan District. BirLE-Journal (Budapest Internasional Research and Critics in Linguistics and Education, 3(4), 2106–2116.

Natasya, F., & others. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI SMA. Biology and Education Journal, 3(2), 112–122.

Nofianti, E., Nurhidayanti, A., Handayani, N. A., Rosana, D., & Wilujeng, I. (2022). Profil berpikir kritis peserta didik smp pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(3), 479–491.

Pakaya, N., Abdillah, T., Yusuf, R., Takdir, R., & Paudi, R. (2024). Application of Direct Instruction Model in Basic Network and Computer Subjects to Improve Student Learning Outcomes. 5th Vocational Education International Conference (VEIC-5 2023), 1482–1487.

Rasimin, R. (2019). PENGEMBANGAN KARAKTER TOLERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL (Studi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kota Salatiga). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

Rikmasari, R., Sundari, K., & Nuraini, H. (2022). Model pembelajaran predict observe explain (POE) terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1634–1645.

Rivai, A. T. O. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Menggunakan Media Macromedia Flash

Dengan Charta. Indonesian Journal of Educational Studies Vol, 22(2).

Rusnawati, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Materi Listrik Statis untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Inquiri dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 3(2), 1–9.

Saputri, M. D. (2019). Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) dalam Peningkatan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Tema 6 Cita-Citaku di Kelas IV SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019.

Serina, A., Mulbasari, A. S., & Marhamah, M. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) di Kelas VII SMPN 44 Palembang. Journal on Teacher Education, 6(1), 1–10.

Suryadi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Minyak Bumi di Kelas X MIA-3 Semester I SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 44–55.

Udayani, K. M., Kusmariyatni, N., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).

Waridah, W., & Tirsa, A. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MELAWI. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 10(2), 296–314.

Yusuf, Y., Saibi, N., Ramli, M. R., & Nursia, N. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review). Biopedagogia, 3(2), 158–169. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v3i2.2336




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v8i1.9675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
       Â   

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.