KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL BANAU KOTA TERNATE

Nurhayati Nurhayati, Muammar Abd Halil, Justam Wahab

Abstract


Karangan narasi adalah karangan yang berusaha menyampaikan serangkaian menurut urutan kejadiannya oleh karena itu harus disukai oleh siswa kelas VIII dan oleh karena itu di butuhkan pendekatan yang tepat dalam pengajarannya maka dalam penelitian ini dirumuskan beberapa masalah 1)Bagaimanakah kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran penemuan siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate? 2) Sejauh manakah kemampuan menulis karangan narasi dengan model pembelajaran penemuan siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate? Penelitian ini bertujuan; 1) Menjelaskan bagaimana kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran penemuan siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate. 2) Menjelaskan sejauh mana kemampuan menulis karangan narasi dengan model pembelajaran penemuan siswa kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, penelitian yang berlandasarkan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan intrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan (Sugiono, 2015 :15). Mengenai Menulis Teks Narasi Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate. Model pembelajaran penemuan (discovery learning) merupakan nama lain dari pembelajaran penemuan. Sesuai dengan namanya, model ini mengarahkan siswa untuk dapat menemukan sesuatu melalui proses pe mbelajaran yang dilakoninya. Siswa diraih untuk terbiasa menjadi seseorang saintis (ilmuwan). Merekan tidak hanya sebagai konsumen, tetapi di harapkan pula bisa berperan aktif, bahkan sebagai pelaku dari pencipta ilmu pengetahuan.

Keywords


Kemampuan; menulis narasi; Inquiry; SMP

References


Dalman. 2015. Penulisan Populer. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Kosasih, M. Pd. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Kurikulum 2013. Implementasi. Bandung. Yrama Widya.

Ishak, Saidulkanarin. 2014. Cara Menulis Mudah . Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Musah, Zulkifli, dan Sidik Moh. 2017. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Yogyakarta.Aswaja Pressindo.

Sudirjo, Anas. 2014 Pengantar Statestik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kuatitatif. Bandung.Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.Alfabeta.

Suparno, dan Yunus, Muhamad. 2008. Keterampilan Menulis. Jakarta: Ummu Press

Tarigan, Guntur, Henry. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung. Angkasa

Uti, Darmawati, dan Y. Budi, Artati. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta. Intan Pariwara

Yanti, Gusti, Prima. Zabadi Faizul dan Rahman Fauzi. 2017. Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta. Gramedia

https://www.seputapengetahuan.co.id/2018/04/pengertian-karangan-narasi-ciri-ciri-jenis-jenis-contoh.html




DOI: https://doi.org/10.33387/j.cakrawala.v9i1.2771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Printed ISSN (p-ISSN): 2089-6115

Online ISSN (e-ISSN): 2808-3415
Our Journal has been indexed by:
 
STATISTIK PENGUNJUNG