Gerakan Literasi Matematika dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astuti, R. P. S., Yuanita, P., & Anggraini, R. D. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-13.
De Porter, B. & Hernacki, M. (2002). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
Faizah, D.U., dkk. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di SD. Jakarta: Kemendikbud.
Kohar A.W. kompasiana.com(21 April 2014). Pengembangan Soal Matematika Model PISA: Sebuah Alternatif Langkah Awal Memperbaiki Prestasi Literasi Matematika Siswa Indonesia. Diakses pada 23 Juni 2015.Dari http://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=&url=http://www.kompasiana.com/amp/bangwachid/pengembangan-soal-matematika-model-pisa-sebuah-alternatif-langkah-awal-memperbaiki-prestasi-literasi-matematika-siswa-indonesia_
OECD. 2013. PISA (2012) Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Resived edition, February 2014). Paris: OECD Publishing, 2014.
Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. 10(2), 72-81.
Sari, R H N. (2017). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, ISBN 978-602- 73403-0-5. Diunduh 4 Oktober 2017.
Setiawan, H, dkk (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Universitas jember.
Stacey, K. (2011). The PISA View Of Mathematical Literacy In Indonesia. IndoMS. J.M.E, Vol.2, No.2, Hal 95-126.
Sulfiah, S. K, Zayyadi, M dan Lanya, H. (2018). Analisis Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi pada Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya, 2(1), 48-55.
Zayyadi, M., & Subaidi, A. (2018). Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 10-15.
Zayyadi, M., Nusantara, T., Subanji, S., Hidayanto, E., & Sulandra, I. M. (2019). A commognitive framework: The process of solving mathematical problems of middle school students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(2), 89-102.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2293
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.