Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 58-65.
Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 17-30.
Arikunto.2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Budiyono. 2011. Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia. 11(1), 1-8.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.
Fitriatien, S. R. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Ilmiah Matematika
Gunawan, R. G., & Putra, A. (2019). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 362-370.
Haji. (1994). Penyelesaian Soal Cerita pada Penjumlahan dan Pengurangan. Semarang: KKG Semarang.
Habibi, M., Darhim, D., & Turmudi, T. (2018). Self-Determination in Mathematics Learning Process by Using Generative Multi–Representation Learning (GMRL) Model. In Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012155
Jana, Padrul (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesiakn Soal Matematika pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7.
Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.
Manibuy, Ronald. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire–Papua.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9).
Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Newman, M. A. 1977. An analysis of sixth-grade pupils' errors on written mathematicaltasks. In White, A. L. 2009. Diagnostic and Pedagogical Issues with Mathematical Word Problems. Brunei International Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 100-112.
Nuragni, W. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe High Order Thinking Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Di Kalangan Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Nurmutia, H. E. 2019. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, 2(2), 98-103.
Prakitipong, N. dan Nakamura, S., 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperationin Education, 9(1), . 113114.
Priyanto, A., Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-5.
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010).The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences,8, 264-271.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanti. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika2, (6), 71-76.
Susanti. (2019). Newman Prosedur Dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (1).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenamedia Group.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010 33 (2), 129-148.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2294
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.