Proses berpikir matematika siswa tipe climber dan tipe camper berdasarkan langkah bransford stein
Sari
Pada dasarnya tidak semua soal di matematika itu adalah masalah, beberapa tingkatan soal yang menguji kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa diperlukan, sehingga siswa dikatakan mampu memahami konsep dan mampu menyelesaikan masalah matematika pada materi tertentu Langkah Bransford Stein digunakan sebagai salah satu bentuk pemecahan masalah yang dapat meningkatkan daya pikir dan kecakapan dalam menyelesaikan suatu persoalan atau permasalahan yang ada. Penelitian  bertujuan untuk menganalisis mahasiswa tipe climber dan campers menggunakan langkah Bransford Stein untuk memecahkan masalah matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa SMP UNISMUH Makassar yang kemudian dipilih 2 orang pada masing-masing tipe untuk dilakukan wawancara secara mendalam berkaitan dengan proses berpikir subjek . Adapun Instrumen penelitian yang digunakan berupa test kemampuan menyelesaikan masalah, angket ARP dan pedoman wawancara. Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kualitatif dan dilanjutkan dengan triangulasi teknik untuk mneguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Tipe Climber dalam menyelesaikan soal cenderung menggunakan proses berpikir secara konseptual sedangkan untuk siswa Tipe Camper dalam menyelesaiakan soal cenderung menggunakan proses berpikir semikonseptual.
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bransford, J. D., & Stein, B. S. (1993). The IDEAL Problem Solver: A Guide for improving Thinking, Learning, and Creativity (2nd ed.). W.H Freeman and Company.
Herlinda, M. (2019). Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Bransford Dan Stein. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi Berpikir. PT. Remaja Rosdakarya.
Matore, M. E. E. M., Khairani, A. Z., & Razak, N. A. (2015). The Influence of AQ on The Academic Achievement among Malaysian polytechnic students. International Education Studies, 8(6), 69–74. https://doi.org/10.5539/ies.v8n6p69
Onal, H., Inan, M., & Bozkurt, S. (2017). A Research on Mathematical Thinking Skills: Mathematical Thinking Skills of Athletes in Individual and Team Sports. Journal of Education and Training Studies, 5(9), 133–139. https://doi.org/10.11114/jets.v5i9.2428
Parvathy, D. U., & M, P. (2014). Relationship between Adversity Quotient and Academic Problems among Student Teachers. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(11), 23–26. https://doi.org/10.9790/0837-191172326
Phoolka, S., & Kaur, N. (2012). Adversity Quotient: A new paradigm in Management to explore. Research Journal of Social Science & Management - RJSSM, 2(7), 109–117.
Retna, M., Lailatul, M., & Suhartatik. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika (The Student Thinking Process in Solving Math Story Problem). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(2), 71–82.
Safrida, L. N., Susanto, S., & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX SMP Negeri 7 Jember. Kadikma, 6(1), 25–38.
Siswono, (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajaun dan Pemecahan Masalah. PT. Remaja Rosdakarya.
Stoltz, P. G. (1997). Adversity Quotient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (T. Hermaya (ed.); 2018th ed.). PT. Grasindo.
Susiana, E. (2010). IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Kreano - Jurnal Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.15294/kreano.v1i2.1491
Taufik, A., Rahman, A., & Talib, A. (2019). Description of Thinking Process in Solving Mathematics Problems Based on Brandsford And Stein’s Stages Reviewed from Adversity Quotient. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13064
Widyastuti, R., Usodo, B., & Riyadi. (2013). Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah- Langkah Polya. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1(3), 239–249.
Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Bransford dan Stein Ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.
Zulham, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 533–547. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.275
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3254
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0