Implementasi pembelajaran PAKAR dalam peningkatan kemampuan komunikasi statistis mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal statistika
Sari
Mempelajari statistik parametrik bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi statistis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran PAKAR (Proyek, Aktif, Kolaboratif, Analitik, dan Realistis), serta mengkaji pengaruh kemampuan awal statistis terhadap kemampuan komunikasi statistis mahasiswa (KKS). KKS bagi mahasiswa diperlukan proses interaksi dalam mengkomunikasikan ide-ide statistik dengan sumber informasi yang relevan secara kolaboratif. Terciptanya situasi kolaboratif antara mahasiswa dalam membahas masalah yang bersifat realistis melalui implementasi pembelajaran PAKAR. Pembelajaran PAKAR merupakan model pembelajaran inovatif yang mengarahkan mahasiswa secara kolaboratif untuk aktif menyelesaikan proyek masalah realistis sebagai konteks, melakukan analitik sehingga menghasilkan suatu produk. Menggunakan metode campuran model concurrent embedded, data pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi statistis mahasiswa dianalisis untuk mengetahui hasil implementasi model pembelajaran PAKAR dalam pengajaran pengantar statistik. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair semester genap tahun akademik 2020/2021 sebanyak 20 mahasiswa yang diterapkan pembelajaran PAKAR. Instrumen pengumpulan data meliputi: tes KAS, pretes dan postes KKS, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil tes KAS mahasiswa dikelompokkan atas kategori: tinggi, sedang, dan rendah dengan capaian rata-rata sebesar 56,75 serta simpangan baku sebesar 17,72 dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) KKS mahasiswa sebelum pembelajaran dengan rata-rata sebesar 30,25 dengan SB sebesar 11,86 dan sesudah pembelajaran PAKAR pencapaian KKS dengan rata-rata sebesar 90,25 dengan SB sebesar 10,81 mengalami peningkatan (2) Peningkatan  KKS   mahasiswa setelah pembelajaran sebesar 0,87 dalam kategori tinggi; (3) Mahasiswa dengan KAS rendah mengalami peningkatan kategori sedang, KAS sedang mengalami peningkatan kategori sedang dan tinggi, serta mahasiswa dengan KAS tinggi mencapai peningkatan dalam kategori tinggi; dan (4) Hasil uji hipotesis dengan statistik wilcoxon diperoleh Z= -3,938 dengan Asyimp Sig (2-tailed) sebesar 0,00 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan KKS mahasiswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran PAKAR. KAS Mahasiswa berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan KKS Mahasiswa setelah implementasi pembelajaran PAKAR. Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa implementasi pembelajran PAKAR secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi statistis mahasiswa dalam mempelajari materi pengantar statistika.
Â
Kata Kunci: Pembelajaran PAKAR, Kemampuan Komunikasi Statistis mahasiswa, dan Kemampuan Awal Statistika
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3623
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.