Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pada pokok bahasan induksi matematika
Sari
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal tipe HOTS dalam pokok bahasan induksi matematika pada siswa kelas XI IPA-1 MAN 2 Tidore Kepulauan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yang kemudian dipilih wakil subjek sebanyak 3 orang berdasarkan pengelompokan tingkat kemampuan siswa yang dilihat dari hasil tes tertulis siswa yaitu siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal HOTS pada pokok bahasan induksi matematika untuk soal nomor 1 dan 2 pada indikator analyze (C4), evaluate (C5), dan create (C6). Siswa berkemampuan sedang mampu mnyelesaikan soal pada pokok bahasan induksi matematika pada indikator analyze (C4), dan evaluate (C5) untuk butir soal nomor 1. Namun untuk butir soal nomor 2, subjek hanya mampu pada indikator analyze (C4), sedangkan pada indikator evaluate (C5) dan create (C6) siswa tidak mampu menyelesaikannya. Siswa berkemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan soal nomor 1 indikator analyze (C4), dan tahapan selanjutnya tidak mampu diselesaikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan siswa kelas XI IPA-1 MAN 2 Tidore Kepulauan dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pokok bahasan induksi matematika masih rendah.
Kata Kunci : Kemampuan Siswa, HOTS, Induksi Matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hadi, F.R. 2021. Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 10(2) 2021, 872 – 879.
Istiqomah. 2018. Pembelajaran Dan Penilaian Higher Order Thinking Skills. Surabaya: CV Pustaka Media Guru
Kemendikbud. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Masitoh, L.F & Aedi,W. G. 2020. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2)2020, 886 - 897
Nuragni, 2018. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Di Kalangan Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Ralmugiz, U. 2020. Kemampuan Siswa SMP Kota Kupang Dalam Menyelesaikan Masalah HOTS Matematika. Jurnal Gammath. Volume 5, Nomor 1, Maret 2020. pp 38 – 42.
Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. Vol.17, No. 33. Januari – Juni 2018. pp 81 - 95
Suryapuspitarini, K, dkk. 2018. Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Kurikulum 2013 Untuk Menunjang Kemampuan Literasi Siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Semarang. Semarang. 20 Oktober.
Saraswati, P.M.S. & Agustika, G.N.S. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 4, Number 2, 2020. 257 – 269
Susanto, E, & Retnawati, H.2016. Perangkat Pembelajaran Bercirikan PBL Untuk Mengembangkan HOTS Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3 Number 2, 2016.189 -197.
Tonra, W. S., Budiarto, M. T., Masriyah., & Tonra, W. S. (2019). Profile of High Order Thingking Skill (HOTS) of Junior High School Students’ Grade 8 in Solving Linear Equation System Problems Based on Kinesthetic and Visual Learning Styles. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 212–214. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.139
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4389
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.