Pengembangan soal matematika model programme for international student assessment (PISA) konten quantity dalam konteks budaya Jember

Aisyah Maylani Ariyatma Utami Putri, Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas, Chusnul Khotimah Galatea

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan soal matematika model PISA konten quantity dalam konteks Budaya Jember. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan dengan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini untuk uji kelompok kecil siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wuluhan sebanyak 6 anak dan uji kelompok besar siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Wuluhan sebanyak 23 siswa dalam satu kelas uji. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar angket, dan soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan, analisis butir soal, dan analisis keefektifitas produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa produk dikembangkan sesuai dengan tahapan ADDIE dan hasil pengembangan menunjukkan bahwa produk memenuhi tiga kriteria yang valid dengan skor 4,03, praktis dengan skor 73,9% dan efektif dengan skor 70,9%, sehingga produk dapat digunakan untuk membantu evaluasi siswa pada materi quantity atau bilangan dan pola bilangan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prasetyo, H. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Kalimantan Timur. Jurnal Padegogik. 3(1), 1 - 44. https: // doi. org /10.35974 /jpd.v3i1. 2230.

Putri, D.C. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Open Ended berbasis Programme for International Student Assessment (PISA) untuk mengukur Level Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Proposal Skripsi. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Anisah, A., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1), 1-14.

Zakkia, A., Isnarto, Asih, T.S.N., & Wardono. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran Brain Based Learning. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya. Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

Widjaja. (2013). The Used of Contextual Problems Support Mathematical Learning. Journal on Mathematics Education. 4(2), 151–159.

Charmila, N. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaliasi Pendidikan. 20(2), 198-207.

Putra, Y.Y. & Vebrian, R. (2014). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Konteks Kain Cual Bangka Belitung. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 333-340.

Prasetyo, H. (2019). “Two Versions of Lah Bako Dance: Representing Agricultural Working Class and Identity Creationâ€. Karsa: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman. 27(2), 290-311. https:// doi.org/10.19105/karsa.v27i2.2133.

Mahdiansyah & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20(4), 452-469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika. 37(1), 11-26.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. http://staff.uny. ac .id/ sites/ default/ files/ pengabdian/ dra-endang- mulyatiningsih mpd/ 7cpe ngembangan-model-pembelajaran.

Dewi, M. S. (2021). Pengembangan Soal Uraian Berstandar NCTM (National Council of Teacher of Mathematics) Pada Pokok Bahasan Statistika SMP Kelas VIII. Skripsi. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Kiswanto, H. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: MATHEdunesa. 1(1), 1-8.

Wijayanti, A. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Edutainment Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan.22(2), 99-109.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i2.4851

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot