Proses berpikir dalam menggeneralisasi pola bilangan berdasarkan gaya belajar pada siswa kelas VIII SMP

Andi Mulawakkan Firdaus

Sari


Penelitian ini betujuan untuk menganalisis proses berpikir siswa bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam menyelesaikan soal pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Limbung. Subjek penelitian dipilih dari 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa yang bergaya belajar visual, 1 siswa yang bergaya belajar auditori, dan 1 siswa yang bergaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrument utama yaitu peneliti sendiri dan instrument pendukung yaitu angket gaya belajar, tes generalisasi pola bilangan, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) subjek visual mampu menerima informasi yang terdapat pada soal dengan menyatakan apa yang diketahui dan ditanyaka pada soal, subjek visual juga mampu mengolah informasi dengan menuliskan rumus yang akan digunaka dalam menyelesaikan soal, serta mampu menyimpan informasi dengan menemukan informasi yang tidak ditampilkan dalam soal sehingga mampu menyelesaikan soal dengan tepat, dan mampu memanggil kembali informasi dari ingatan dengan mempresentasikan hasil akhir yang diperoleh dan menuliskan kesimpulan dari jawaban yag diperolehnya, (2) subjek auditori mampu menerima informasi dengan menyatakan apa yang diketahuin dan ditanyakan dalam soal, mampu mengolah informasi dengan menuliskan rumus yang digunaka untuk menyelesaikan soal, tetapi subjek auditori tidak dapat menyimpan informasi dengan baik karna subjek auditori hanya dapat menemukan sebagian informasi yang tidak ditampilkan pada soal sehingga jawaban yang diperoleh kurang tepat, dan tidak mampu memanggil kembali informasi dari ingatan karna subjek belum mampu menjelaskan kembali hasil yang diperolehnya, (3) subjek kinestetik mampu menerima informasi dengan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyaka pada soal, mampu mengolah informasi dengan menentukan rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, serta mampu menyimpan informasi karna subjek mampu menemukan informasi yang tidak ditampilkan pada soal dan dapat menyelesaikan soal dengan benar, tetapi tidak mampu memanggil kembali informasi dari ingatan karna subjek tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban yang diperolehnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bakry & Bakar, M. N. B. (2015). The Process of Thinking among Junior High School Students in Solving HOTS Questions. International Journal of Evaluation and Research in Education, 4(3),144. doi: http://doi.org/10.11591/ijere.v4i3.4504

DeCapua, A., & Wintergerst, A. C. (2005). Assessing and validating a learning styles instrument. System, 33(1), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.system.2004.10.003

Demonty, I., Vlassis, J., & Fagnant, A. (2018). Algebraic thinking, pattern activities and knowledge for teaching at the transition between primary and secondary school. Educational Studies in Mathematics, 99(1), 1-19. https://doi.org/10.1007/s10649- 018-9820-9

Dunn, R. S., & Griggs, S. A. (2000). Practical approaches to using learning styles in higher education. Westport, CT: Bergin & Garvey.

El Mouhayar, R., & Jurdak, M. (2015). Variation in strategy use across grade level by pattern generalization types. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 46(4), 553–569. https://doi.org/10.1080/0020739x.2014.985272

Erhardt, R. P. (2014). The process of creating a learning-teaching style assessment: A checklist for documenting observations and teaching strategies 1. Innovative Teaching, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.2466/07.it.3.11

Ferrara, F., & Sinclair, N. (2016). An early algebra approach to pattern generalisation: Actualising the virtual through words, gestures and toilet paper. Educational Studies in Mathematics, 92(1), 1-19. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9674-3

Firdaus, A. M., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2020). Number pattern generalization process by provincial mathematics olympiad winner students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 991–1003.

Firdaus, A. M., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2021). Investigating Middle School Students Generalization of Number Pattern Based on Learning Style. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(6), 2624–2632. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i6.5709

Ghufron M.N., & Rini, R. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gulo, W. 2011. Strategi Belajar Mengajar. PT.Grasindo. Jakarta

Karadag, E. and Caliskan, N. (2009) Interaction and Communication in the Process of Education and Shared Common Area in the Classroom. College Student Journal, 43, 123-128.

Kemendikbud, R. I. (2013). No Title. Bahan Pelatihan Kurikulum 2013.

Manolis, C., Burns, D. J., Assudani, R., & Chinta, R. (2013). Assessing experiential learning styles: A methodological reconstruction and validation of the Kolb Learning Style Inventory. Learning and Individual Differences, 23(1), 44–52. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.10.009

Maskar, S. dan Anderha, R. R. (2019). ”Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung”. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 40-47.

Murtafiah, W., Sa’dijah, C., Chandra, T. D., & Susiswo, S. (2019). Decision making of the winner of the national student creativity program in designing ICT-based learning media. TEM Journal, 8(3), 1039–1045. https://doi.org/10.18421/TEM83-49

Radiusman, R., & Simanjuntak, M. (2020). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gaya Belajar [The Problem Solving Of Mathematical Pattern Generalization By Prospective Elementary School Teachers Based On Learning Styles]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 1-16.

Rivera, F. D. (2010). Visual templates in pattern generalization activity. Educational Studies in Mathematics, 73(3), 297-328. https://doi.org/10.1007/s10649-009-92220

Setiawan, Y. E., Purwanto, Parta, I. N., & Sisworo. (2020). Generalization Strategy of Linear Patterns From Field-Dependent Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(1), 77–94.

Suriasumantri, Jujun S. 2009. Filsafat Ilmu (Sebuah Pengantar Populer). Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.6883

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor