Pengembangan soal literasi dan numerasi tipe PISA konten space and shape konteks lebaran di masa Covid-19

Lidya Cahyani, Ria Erviana, Sisca Puspita Sepriliani

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal literasi dan numerasi tipe PISA konten space and shape konteks lebaran di masa Covid-19 yang valid dan praktis. Metode penelitian ini adalah penelitian development yang memiliki 3 tahap, yaitu tahap preliminary, self evaluation, expert review, one to one dan small group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Palembang tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan walkthrough, observasi, dan tes. Penelitian menghasilkan soal literasi dan numerasi tipe PISA konteks lebaran di masa Covid-19 yang valid dari segi konten, yaitu soal sudah sesuai dengan materi pada kurikulum 2013, soal juga sudah valid dari segi konstruk, yaitu soal sesuai dengan konteks lebaran dimasa Covid-19 yang disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang sering ditemui siswa serta level kemampuan siswa. Dari hasil jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa soal yang diberikan termasuk dalam kategori praktis karena dapat dikerjakan siswa dengan mudah serta siswa dapat memahaminya dengan baik. Dari hasil tersebut terdapat keragaman jawaban antara siswa satu dengan yang lain sesuai dengan tingkat kesulitan yang sesuai untuk siswa kelas VIII.

 

Kata kunci PISA, PMRI, Covid-19, AKM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriyanti, I., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 608-617).

Aris Setiawan, E., & Avita Nurhidayah, D. (2022). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Kastolan di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal EDUPEDIA Jurmas : Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 5(2). ISSN 2614-1434 (Print) ISSN 2614-4409 (Online).

Dewi, R., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PMRI Materi Jajargenjang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 78-83.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Insan Madani.

Handoyono, Nurcholish Arifin. 2016. Pengaruh Inquiry Learning dan Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar PKKR Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Hal. 31-42. Tersedia Pada: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv.

Hartono, Yusuf. 2007. Pendekatan matematika Realistik. In: Pembelajaran Matematika Sekolah dasar. Seamolec.

Hidayati Suhada. 2017. Model Pembelajaran Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 8, Edisi 2 Hal. 13-24. Tersedia Pada: http://doi.org/10.21009/JPD.

Idris, I., & Silalahi, D. K. (2016). Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita pada kelas VII A SMP UTY. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 1(1), 73-82.

Jannah, R. D., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2019). Soft Tennis and Volleyball Contexts in Asian Games For PISA-Like Mathematics Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 157-170.

Kemenkes. (2020). Pendoman Kesiapan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCov). Jakarta: Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Misdalina, M., Zulkardi, Z., & Purwoko, P. (2009). Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61-74.

NCTM, Curriculum and evaluation standards for school mathematics, Reston: NCTM, 1989.

Nusantara, D. S., & Putri, R. I. I. (2021, January). Designing PISA-like task on uncertainty and data using Covid-19 context. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1722, No. 1, p. 012102). IOP Publishing.

OECD, PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014), Paris: OECD Publishing, 2014.

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (draft). Diakses dari, https://pisa2021-maths.oecd.org/files/PISA%202021%20Mathematics%20Framework%20Draft.pdf.

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.

Pillai, S. P. M., Galloway, G., & Adu, E. O. (2017). Comparative Studies of Mathematical Literacy / Education : A Literature Review. International Journal of Educational Sciences, 16(1–3), 67–72. https://doi.org/10.1080/09751122.2017.1311625

Prihartini, N., Sari, P., & Hadi, I. (2020). Design Research : Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 220 Jakarta. 4(8), 1–8.

Putri, R. I. I., Alwi, Z., Nusantara, D. S., Ambarita, S. M., Maharani, Y., & Puspitasari, L. (2020). How students work with pisa-like mathematical tasks using covid-19 context. Journal on Mathematics Education, 11(3).

Putri, R.I.I., Dolk, M., & Zulkardi. (2015). Professional development of PMRI teachers for introducing social norms. Journal on Mathematics Education, 6(1), 11-19. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1900.11-19.

Sanjaya, Wina.2007.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan.Jakarta:Kencana

Saputri, N. W., Turidho, A., Zulkardi, Z., Darmawijoyo, D., & Somakim, S. Desain Soal Pisa Konten Uncertainty And Data Konteks Penyebaran Covid-19. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi matematika: Apa, mengapa, dan bagaimana. In Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 27-38.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 31–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Enviroment on Realistics Mathematics Education for Indonesian Student Teacher. Enschede: University of Twente.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v12i2.7057

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi