Implementasi model snowball throwing berbantuan media kerangka kubus dan balok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Sari
Kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah disebabkan pembelajaran yang belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan masih kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran dengan penerapan model Snowball Throwing berbantuan media kerangka kubus dan balok di kelas IV SDN 1 Ngemplak. Desain penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental Design tipe One Groupe Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Ngemplak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi dengan soal tes uraian berjumlah 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan setelah penerapan model Snowball Throwing didapatkan hasil signifikansi uji normalitas nilai posttest sebesar 0,34>0,05 yang berarti data berdistribusi normal, sehingga dilanjutkan dengan uji N-Gain yang memperoleh peningkatan sebesar 0,59 yang dikategorikan sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Snowball Throwing berbantuan media kerangka kubus dan balok terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 1 Ngemplak.
Kata Kunci : Snowball Throwing, Kerangka Kubus dan Balok, Kemampuan Berpikir Kritis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, N., Ermawati, D., & Kuryanto, M. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (Vol. 5, Issue 7). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Ardimen, A., Optimal, O., Irman, I., & Khairat, A. (2023). Efektivitas Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Menggunakan Pendekatan Snowball Throwing. FONDATIA, 7(3), 764–791. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i3.3907
Ayudya, M. S., Sri Rahayu, T., Satya Wacana, K., & Jawa Tengah, S. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 dalam Pelajaran Matematika Dasar.
Bukit, S., Ariastika, D., Noviati, Y., & Lubis, Y. (2023). Snowball Throwing Learning Model in Growing Questioning Skills of Elementary School Students: A Review. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(4), 343–351. https://doi.org/10.54012/jcell.v2i4.145
Chrysantia, S. D., Ismiyanti, Y., Afandi, M., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., Islam, U., Agung, S., Kunci, K., Kritis, B., & Throwing, S. (2024). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Sembungharjo 02. Jurnal Ilmiah Sultan Agung.
Devananda, B., Istiyati, S., Guru Sekolah Dasar, P., Sebelas Maret, U., Brigjend Slamet Riyadi No, J., Surakarta, K., & Tengah, J. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Melalui Penerapan Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.
Ermawati, D., Damayanti, I. P., Mahmud, R., & Wistiana, H. J. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. International Journal of Cross Knowledge, 2.
Ermawati, D., Nur Anisa, R., Saputro, R. W., Ummah, N., Azura, F. N., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 2, 82–92. https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2
Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892
Fernanda, A., Haryani, S., Tri Prasetya, A., & Hilmi, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 13, Issue 1).
Guntara, Y. (2020). Normalized gain ukuran keefektifan treatment. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482
Hilyana, F.S., Juliyanto, D.D., & Masfuah, S. (2023). Kayuapu dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Berbasis Media Educative Game. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(1), 537. https://doi.org/10.24176/jpp.v6i1.9657
Julyanti, Ma’ruf, A. H., & Suwardana, O. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Snowball Throwing.
Jumaroh, S., & Ayuningtyas, V. (2022). Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTS di Kabupaten Serang. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma
Kharis, M., Ardianti, S.D., Hilyana, F.S., FKIP, P., & Kudus, U. M. (2024). Berbasis Media Educative Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 807.
Maharani, A., Anwar, T., Ulum, M. B., Yusuf, S., & Hilyana, F.S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III SD 1 Bakalan Krapyak. JCES (Journal of Character Education Society. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.xxxx
Mahmudi, A., Kusumaningsih, W., Mushafanah, Q., & Profesi Guru Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, P. (2023). Analisis Penggunaan Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 Materi Pengukuran di SD Supriyadi 02 Kota Semarang.
Masrukin, A., & Arba, A. (2018). Metode Diskusi dan Tanya Jawab dalam Pembelajaran SKI untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII-H MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. In Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman (Vol. 8, Issue 3).
Miswari, M., Silitonga, M., Artikel Histori Artikel, I., & Pelita Pendidikan, J. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA Ditinjau dari Indikator Kemampuan Berpikir Kritis dan Gender. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 110–117. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER Journal of Science and Education Research, 1(1). https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/
Nadofah, N., Amaliyah, A., & Hilaliyah, T. (2023). Meta Analisis Model Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1481–1490. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4986
Na’imah, S., Supangat, & Dewi, T. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Ciptamuda. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1120
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Prayitno, S. H., Ladyawati, E., & Rita Fiantika, F. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Jucama Ditinjau dari Gender. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 73(2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn
Rusnawati, R., Abustang, P. B., Alam, S., & Cayati, C. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Minat Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 463–469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1980
Sadeli, L. (2023). Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Studi Kasus Menggunakan Video pada Pembelajaran Daring (Vol. 5, Issue 2). Oktober.
Saputri, M. L. H., Ardana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2023). Pengembangan Tes Berpikir Kritis Sains Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 29–30.
Sari, N.M., Masfuah, S., & Ardianti, S.D. (2020). Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Permainan Pletokan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 219–224. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.376
Setyawan, N. R., Wanabuliandari, S., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD dengan Menggunakan Model PBL Berbantu Media Papan Madu. FONDATIA, 7(1), 260–270. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3177
Sihite, S. P., Sapri, J., Negeri, S., Lawang, E., & Bengkulu, U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar. 13(2), 2023.
Sintya, Y.R., Sutadji, E., Tri Djatmika, E., Artikel Abstrak, I., & Rindayu Sintya Pendidikan Dasar, Y. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif.
Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3).
Tamrin, M., Azkiya, H., Bagindo, J., Chan, A., Aia, P., & Tangah, K. (2019). Penerapan Model-Model Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar. 3(2), 2019–2598.
Umami, R., Lestari, B. A., Arifin, N., & Zulfaeda, A. (2023). OTUS EDUCATION Methods on Learning Activeness and Conclusion Skills in Biology Subjects Class X MAN 1 West Lombok Regency). 86.
Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship dan Quantity. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 439. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7233
Yusnina, L.P., & Riyanto, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Media Komik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas 5 SD Pada Pembelajaran IPS.
DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i2.8276
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0