Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hots berdasarkan teori newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel

Lidya Cahyani, Rita Ariska, Sisca Puspita Sepriliani, Ria Erviana

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam memecahkan soal HOTS, khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Dalam penelitian ini, menggunakan Metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa yang duduk pada kelas Xl SMA, Purposive sampling, atau pemilihan partisipan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, merupakan metodelogi yang dipakai untuk memilih subjek. Instrumen yang digunakan meliputi tes serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengerjaan berupa soal tes HOTS materi SPLDV, dimana siswa mengerjakan 3 soal untuk mengindentifikasikan jenis kesalahan yang siswa lakukan Ketika mengerjakan soal HOTS. Tiga tahap utama yang terlibat dalam analisis data deskriptif kualitatif: reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat terdapat kesalahan dalam membaca soal sebesar 0%, kesalahan dalam memahami soal sebesar 26,92%, kesalahan transformasi sebesar 19,23%, kesalahan dalam proses sebesar 34,63%, dan kesalahan dalam menulis jawaban akhir sebesar 19,23%. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang banyak terjadi Ketika siswa menyelesaikan soal yang diberikan yaitu kesalahan dalam proses sebesar 34,63%.

 

Kata kunci : Analisis kesalahan, Newman, HOTS, SPLDV


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azzahra, S. J. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Tahapan Newman. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 87–94.

Christiine Mersi Rumpaisum. (2024). View of Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wamena.pdf. 01(03), 114–128.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.

Kurnia Wijaya, Y. (2018). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Berdasarkan Newman’S Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 18.

Lisdiani, C. K., Tsania, M., & Karimah, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Teori Newman di SMA Negeri 1 Doro. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V, 5(Rahmah 2013), 290–296.

Mahmudah, W. (2018). Analysis of Student Errors in Solving Hots Type Math Problems Based on Newman’s Theory. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.

Makur, A. P., Charitas, R., Prahmana, I., Gunur, B., Stkip, S., & Paulus, R.-F.-N. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Peserta Osk Matematika Tingkat Sd, Dan Strategi Think, Talk, and Write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 23–32.

Mauliddiana, D., & Gozali, S. M. (2023). Analisis kesalahan siswa SMP pada topik sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan teori newman error. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 07, 2037–2051. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2243%0Ahttps://j-cup.org/index.php/cendekia/article/download/2243/957

Nabillah, R., Ikhsan, M., & Hasbi, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas IX SMP Negeri 1 Lembah Seulawah. Jurnal Peluang, 8(2), 44–51.

Oktivani, I., & Fatah, A. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL HOTS ( HIGHER ORDER THINKING ) BERDASARKAN KRITERIA Intan Oktivani *, Abdul Fatah. 5(1).

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.374

Septiahani, A., Melisari, M., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.644

Shalikhah, N. D., Purnanto, A. W., & Nugroho, I. (2021). Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 701. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3442

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.470

Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 59–68. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p59-68




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v13i2.8492

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor