Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan motion video pada pembelajaran matematika di SMP

Nazhmiah Khaalishah Alkaff, Weni Dwi Pratiwi, Elika Kurniadi, Elsa Susanti

Sari


Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting yang mengasah kemampuan analitis, yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai bidang studi, terutama dalam matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa adalah pemanfaatan media pembelajaran, seperti video animasi bergerak (Moving Animation Video/Motion Video). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan Motion Video dalam pembelajaran matematika di SMP Adabiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VII yang dipilih secara purposive. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik, siswa dengan kategori sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik, dan siswa dengan kategori rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kurang baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Motion Video dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika; Motion Video; Pembelajaran Matematika; Siswa SMP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustyaningrum, N., Abadi, A. M., Sari, R. N., & Mahmudi, A. (2018). An analysis of students’ error in solving abstract algebra tasks. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012118. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012118

Aliah, S. N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan disposisi matematika siswa pada materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 91–98.

Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis bermuatan higher-order thinking skills ditinjau dari gaya belajar siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1564–1578.

Budhi, W. S. (2022). Bupena Merdeka: Matematika untuk SMP/MTs kelas VII. Erlangga.

Cunaya, C., & Apriyansyah, C. (2022). Analisis perkembangan sosial emosional anak usia 5–6 tahun melalui asesmen wawancara di TK Cahaya Bintang. Cemerlang: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–9.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP dengan materi segitiga dan segiempat: Problem solving skills. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 49–57.

Green, H. E. (2014). Use of theoretical and conceptual frameworks in qualitative research. Nurse Researcher, 21(6).

Hafriani, F. (2021). Mengembangkan kemampuan dasar matematika siswa berdasarkan NCTM melalui tugas terstruktur dengan menggunakan ICT. Jurnal Ilmiah Didaktika, 22(1), 63–80. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X dalam menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77–86. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1456

Kartika, H. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-concept calon guru di Kabupaten Karawang melalui pendekatan. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 217–225.

Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa antara model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 249–262.

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Students’ strategies in solving PISA mathematical problems reviewed from problem-solving strategies. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.22342/jpm.15.1.10405.37-48

Ministry of Education and Culture, Indonesia. (2017). National curriculum framework for science education. Jakarta: Government Publications.

Mulyadi, N. A., & Manoy, J. T. (2022). Representasi siswa dengan kemampuan matematis tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 533–546. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1281

Murtianto, Y. H. (2013). Pengembangan kurikulum berdiferensiasi mata pelajaran matematika SMA untuk siswa berbakat dan cerdas istimewa di kelas akselerasi. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–7.

Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SD kelas V dengan berbasis pendekatan saintifik yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 280153.

Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan numerasi siswa melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis problem based learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61.

National Research Council & Up, A. I. (2001). Helping children learn mathematics. Mathematics Learning Study Committee, J. Kilpatrick, J. Swaford & B. Findell (Eds.). Washington, DC: National Academy.

Niam, M., Fathun, M., et al. (2024). Metode penelitian kualitatif. CV Widina Media Utama.

Putra, R. Y. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika materi himpunan berbasis realistic mathematics education (RME) kelas VII SMP Negeri 4 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 10(1), 103–107.

Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning trajectory pada pembelajaran berdiferensiasi materi keliling bangun datar berdasarkan perbedaan gaya belajar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 29–41. https://doi.org/10.2587/didaktika.v28i2(1).4399

Rahmayanti, I., & Maryati, I. (2021). Kesalahan siswa SMP pada soal pemecahan masalah berdasarkan tahapan teori Newman. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61–70.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Setiawan, E., Muhammad, G. M., & Soeleman, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.735

Siswosuharjo, P., Khaerudin, M., & Efendi, Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Paedagogie, 9(1).

Sormin, M. A., & Nurasahara, N. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 41.

Sudarmanta, E. (2006). Matematika: Buku sekolah elektronik (BSE). CV Grafika Dua Tujuh.

Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi. (2020). Efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Theorems, 5(1), 61–68.

Susanto, D. (2022). Matematika untuk SMP/MTs kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68.

Wulandari, R., Suwarto, S., & Novaliyosi, N. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang pada pembelajaran daring dengan model discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 197–206.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9588

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN‚ 2089-855X
e-ISSN‚ 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0