Pengembangan instrumen tes uraian yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD

Teten Ginanjar Rahayu, Alfiana Nurussama, Hafiziani Eka Putri, Resa Salma Salsabila, Maryam Khaerani, Benardo Manalu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes uraian yang valid, praktis, dan reliabel guna mengukur kemampuan berpikir kritis matematis serta hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Proses pengembangan instrumen mengikuti tahapan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap utama, yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Validasi instrumen dilakukan oleh tiga ahli di bidang pendidikan matematika, sedangkan uji coba diberikan kepada 33 siswa kelas V di salah satu SD. Kepraktisan instrumen dievaluasi melalui uji coba terbatas dengan melibatkan guru dan siswa, yang menilai aspek kemudahan penggunaan, dan kejelasan petunjuk. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa instrumen mudah digunakan oleh guru dalam proses penilaian dan dipahami oleh siswa tanpa menimbulkan kebingungan atau mengganggu jalannya pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui uji validitas butir menggunakan korelasi Pearson dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua butir instrumen memenuhi kriteria validitas dengan koefisien antara 0,45-0,82, serta reliabilitas instrumen mencapai 0,87 yang tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen tes uraian yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan reliabel, sehingga dapat diandalkan sebagai alat ukur kemampuan berpikir kritis matematis dan hasil belajar matematika pada siswa SD.

Kata kunci: Pengembangan Instrumen, Instrumen Penilaian; Matematika; Berpikir Kritis Matematis; Siswa Sekolah Dasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, S. N., Pramasdyahsari, A. S., & Setyawati, R. D. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Matematis Berbasis PjBL STEM Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2118–2126. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2408

Alam, S., Japar, M., & Asnur, M. N. A. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Kuningan. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(1), 59–68.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Ariany, R. L., & Kedua, A. A. G. (2018). Penggunaan Software Anates untuk Validasi Instrumen Tes. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 62–66. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3327

Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2014). Defining Twenty-First Century Skills. In Assessment and teaching of 21st century skills (pp. 17–66). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5_2

Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects of Mathematics Anxiety in Pre-Service Teacher Education. AARE 2011 Proceedings.

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 385–395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314

Fitriana, D. A. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Matematika Dengan Problem Solving Berbasis Penskoran Politomus. Journal IKLILA: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 13–25.

Gulo, D. R. S., Mendrofa, N. K., Zega, Y., & Lase, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1378–1389. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2003

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2).

Hapsari, Y. H. P., & Gularso, D. (2024). Pengembangan Kepraktisan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Wirosaban. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1351–1357. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3309

Ira, I., Mastiah, & Rudiansyah, E. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 139–145. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2339

Jaya, I. M. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD [Doctoral dissertation]. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia (Vol. 10, Issue 2). Universitas Pendidikan Ganesha.

Magdalena, I., Fauziah, S., & El-Abida, S. F. (2021). Pengembangan Instrumen Tes di Kelas III MI Yanida Balaraja. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(3), 384–392. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i3.1363

Mardapi, D., Kumaidi, & Kartowagiran, B. (2011). Pengembangan Instrumen Pengukuran Hasil Belajar Nirbias dan Terskala Baku. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 326–341. https://doi.org/10.21831/pep.v15i2.1100

Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 186–197. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2709

Mastuti, A. G., Abdillah, Sehuwaky, N., & Risahondua, R. (2022). Revealing Students’ Critical Thinking Ability According to Facione’s Theory. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 261–272. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i2.13005

Maulana, A. (2022). Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156.

Mufidah, L. R. M., & Khoiriyah, S. (2021). Students’ Critical Thinking in Solving Statistical Problems Collaboratively. Journal of Mathematical Pedagogy, 3(1), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v3n1.p45-54

OECD. (2023). PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education Volume I. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pratiwi, R. A., & Sukmawati. (2023). Pengembangan Penilaian Berbasis Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD. INVENTION: Journal Research and Education Studies, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.51178/invention.v4i3.1574

Setiana, D. S. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Matematika untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2). https://doi.org/10.37729/jpse.v4i2.5341

Suhendra, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 85–97.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University Bloomington.

Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. 5(1), 139–150.

Yunita, T. L., & Oktaviana, E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Pecahan pada Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Nagara III (SEMENARA 2021).




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v14i1.9973

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN‚ 2089-855X
e-ISSN‚ 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0