STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA BERBASIS MASYARAKAT KEPULAUAN DI PULAU HIRI

Rahmah DO Subuh, sunaidin ode mulae

Sari


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi  objek wisata dan strategi pengembangannya  di Pulau Hiri. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu survei dan pendampingan. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah Potensi wisata di Pulau Hiri terdiri atas wisata alam, seni dan budaya. Wisata alam telah di buat spot foto yang menyajikan pemandangan alam kepada pelancong untuk mengabadikan moment saat berada di pulau Hiri. Wisata seni dan budaya seperti masyarakat Kota Ternate pada umumnya karena masyarakat Pulau Hiri sebagian besar menggunakan bahasa dan budaya Ternate. Penelitian ini bersamaan dengan program berkarya bermasyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen pembimbin lapangan pada empat kelurahan yakni Togolobe, Mado, Faudu, Dorari Isa menemukan bahwa potensi wisata di empat kelurahan pulau Hiri ini dapat menjadi alternatif wisata bagi masyarakat kota Ternate, nasional dan internasional. Simpulan pada penelitian ini adalah Strategi dikembangkan pada sektor pariwisata pada empat kelurahan dengan dibuatkan kawasan wisata spot foto untuk mengabadikan moment saat pelancong berada di Pulau Hiri. Kemudian, disiapkan rambu-rambu wisata dalam bentuk informasi sapta pesona sekaligus kelompok sadar wisatanya.

Kata kunci: Strategi, pengembangan,wisata, pulau Hiri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Sudana, I Putu. 2013. Strategi Pengembangan Desa Wisata Ekologis Di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Jurnal Analisis Pariwisata, Universitas Udayana, volume 11, nomor 1, halaman 11-31.

Shulda, I Nyoman. 2016. Buku Bantu Pengelolaan Pembangunan Desa

______________Pedoman Kuliah berkarya bermasyarakat Tahun 2016-2017.

Suryawan, Ida Bagus. 2013. Pengelolaan Potensi Ekowisata Di Desa Cau Belayu Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Jurnal Analisi Pariwisata, Universitas Udayana,Volume 11, Nomor 1, halaman 106-111.

Suryadi, Bambang. 2016. Pengembangan Ekowisata Pantai Sebagai Deversifikasi Mata Pencaharian. Jurnal Pesona Pariwisata, Universitas Merdeka Malang, Volume 18, Nomor 1, halaman 20-39.

Singgi, Mohamad Nur. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Dengan Model Partisipatory Rural Apprasial (Studi Perencanaan Desa Wisata Gunung Sari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Pesona Pariwisata, Universitas Merdeka Malang, Volume 18, Nomor 1, halaman 85-106.

LPPM & P2KM Universitas Khairun.

______________.2015.Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan & Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa. Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v10i2.1448

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.