PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENJUALAN ONLINE SHOP SKINCARE PADA @PRELOVED.BYLULS

Raznilawati Z

Sari


ABSTRAK. Penelitian ini dilakukan di Jl. Sungai rongkong rumah pemilik akun online shop, objek penelitian ini adalah followers @preloved.byluls.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Pengaruh media sosial instagram terhadap penjual online shopskincare pada @preloved.byluls. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 600 followers akun instagram @preloved.byluls yang aktif. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simpel Random Sampling yang  merupakan pengambilan sampel acak sederhana. teknik penarikan sampel dengan cara memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anggota penelitian dengan cara  menggunakan nomor undian atau acak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, untuk mengetahui adanya pengaruh antar variable bebas dan variable terikat. Hasil penelitian menunjukkkanMedia sosial instagram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu variabel penjualan.. Berdasarkan taraf signifikansi < 0,05  dapat diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media sosial instagram secara positif signifikan terhadap penjualan online shop skincare @preloved.byluls. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian sebesar 49.8% dan sisanya sebesar 50.2% di jelaskan oleh faktor  lain di luar model.


Kata Kunci


media social Instagram, penjual online ,preloved byluls

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1101/1014 diakses pada 24 Januari 2018 Pukul 08:15 WIB

(https://help.instagram.com/155540431448273?helpref=related&ref=related Diakses pada 30 Januari 2018, pukul 21:50 WIB).

Ariani Pratya Devy. 2010. Pengaruh Positioning Product Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA di Desa Randuagung Gresik. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang. (Skripsi).

Basu Swastha Dharmmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran “Analisa perilaku konsumen“. Edisi pertama cetakan ketiga. BPFEYogyakarta, Yogyakarta. Halaman 15

Dan Zarella. 2010. The Social Media Marketing Book. Oreilly Media. USA

Evan, Dave. 2008. Social Media Marketing: An Hour a Day. Wiley Publishing, Inc : Canada. Halaman 34

Fajriyah 2020 penelitian ini dengan judul “Pengaruh promosi social media instagram terhadap penjualan novel mariposa”

Fatwaningrum, dkk (2018) “Pengaruh media social instagram dan media cetak terhadap penjualan brem rumah joglo khas madiun”

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2011, ”Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen”, Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta

Kaplan, Andreas M.; Michael Hlaenlein 2010 "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1):

–68

Kotler Philip, Gary Armstrong.2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. 1984. Manajemen Pemasaran analisis, pencerahan, dan pengendalian, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta. Hlm 17

Lexy J. Moleong,2012. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Rosdakarya. Hlm 127

M. Nisrina, Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, (Yogyakarta: Kobis, 2015) hlm. 137

McQuail,D. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: SalembaHumanika. (Pengenrtian instagram 2012, dalamhttp://.id.wikipedia.org./wiki/instagram, diakses pada tanggal 04 Januari 2016)

Monika Utari 2017 “Pengaruh media social instagram akun @Princessyahrini terhadap gaya hidup hedonis para followersnya”

Nurahma (20119) “Pengaruh media sosial instagram terhadap Omzet Penjualan Handphone pada Dp Store Makassar”

Paramitha, Cindy Rizal Putri, 2011. “Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner”. Thesis. Ekonomi S-1, Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.

Pengguna(http://blog.instagram.com/post/161779741177/introducing-archive-on- profile) diakses pada 28 Januari 2018, pukul 19:00 WIB).

Priyatno (2012), .Mandiri belajar SPSS. Yogyakarta, Mediakom.

Rogi Gusrizaldi, Eka Komalasari 2016 “Analisis factor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan di indrako swalayan teluk kuantan”

Sahir,2016. Pengaruh personal selling dan advertising terhadap penjualan polis




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v12i2.3473

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




     

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HUMANO: Jurnal Penelitian

ISSN 1978-6115 (Print)

ISSN 2597-9213 (Elektronik)

Published by: LPPM Universitas Khairun

Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara

Email: humano@unkhair.ac.id

URL: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index

 

Flag Counter 

 

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.