STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOTA PROBOLINGGO

Verto Septiandika, Dwi Fitri Megayana, Diva Putri Anindita

Sari


Pada era digital saat ini, UMKM di Kota Probolinggo perlu mengadopsi strategi pemasaran melalui digital marketing untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dan meningkatkan keberhasilan mereka di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang efektif yang dapat diterapkan oleh UMKM di Kota Probolinggo dan untuk memahami dampaknya terhadap peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian deskriptif dengan menggabungkan survei dan wawancara dengan pemilik UMKM di Kota Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM di Kota Probolinggo telah mengadopsi strategi pemasaran melalui digital marketing dalam berbagai bentuk. Media sosial, seperti Facebook dan Instagram, merupakan platform yang paling umum digunakan oleh UMKM untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Selain itu, banyak UMKM juga telah membuat situs web yang responsif sebagai sarana untuk memperluas visibilitas dan membangun kepercayaan pelanggan.


Kata Kunci


UMKM; Strategi; Pemasaran; Digital

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17-22.

Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa'adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154-162.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.

Junaidi, F., Abidin, R. Z., & Fatmawati, A. (2022). Optimalisasi Strategi Pemasaran melalui Digital Marketing pada UMKM Cendol Dawet Sagu Lasah Desa Tawangargo. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1427-1432.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021, November). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 294-300).

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Rahmatika, A. D., Maulana, M. R., Cendrawati, V., Wardani, R. D. K., & Rahmawati, D. A. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA TEGALREJO, KABUPATEN PROBOLINGGO. AT TARIIZ: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(01 Mei), 349-361.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.6296

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.