ANALISIS KEBIJAKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) DI MTS AL-MA'HAD AN NUR

Fadila Uyun Mawarni, Anisatul Afita, Rigitha Ayu Iriani, Fania Albani Saputri, Maryam Nisrina Abdilah

Sari


 

Isu gender sudah menjadi perhatian global dan dinamikanya terus dikaji dari waktu ke waktu. Pengarusutamaan gender atau PUG merupakan sebuah strategi yang dilakukan pemerintah secara sistematis dan rasional dalam mencapai sebuah keadilan dan kesetaraan terhadap peran atau gender laki-laki dan perempuan dalam semua aspek kehidupan manusia. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif. Adapun lokasi penelitian yang diambil adalah MTs Al Ma'had An Nur, Ngrukem, Bantul, DIY. Penelitian ini menggunakan data primer yang dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan nampak terlihat bahwasanya di MTs Al-Ma'had An Nur dalam pelaksanaan kebijakan pengarusutamaan gender di sekolah aktor yang terlibat dan memiliki peran penting, seperti  guru, staf atau karyawan, dan peserta didik yang mana justru lebih didominasi oleh kaum perempuan. Sedangkan untuk peran dan posisi kepala sekolah masih didominasi oleh laki-laki. MTs Al-Ma'had An Nur memiliki 27 kelas dengan jumlah peserta didiknya sebanyak 896 yang  berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Jawa. Untuk jumlah guru terdapat 54, dengan mayoritas guru perempuan.


Kata Kunci


Gender; PUG; sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hentihu, V. R., Umanailo, M. C. B., Tahir, S. Z. B., Tenriawali, A. Y., & Abd Radjak, D. (2021). Penerapan Kebijakan Pengarusutamaan Gender dalam Program Pendidikan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 1014-1019.

Andina, Tri Kurnia. 2020. Sekolah Responsif Gender: Sebuah Misi dan Harapan. Diakses dari https://www.rifka-annisa.org/id/component/k2/item/729-sekolah-responsif-gender-sebuah-misi-dan-harapan pada 3 April 2023.

Hermina, Dian. 2014. Strategi Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Dalam Pendidikan. Mu'adalah Jurnal Studi Gender Dan Anak, Vol 2 No 1.

Tigayanti, Erna., M. Saleh S & Ratih Nurpratiwi. 2014. Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) Bidang Pendidikan di Kota Malang (Studi Kasus SMA 8 Malang). Jurnal Wacana, Vol 17, No 4.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.6225

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.