PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SURACO JAYA ABADI MOTOR KOTA PALOPO

Raznilawati Raznilawati, Erniyati Caronge

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan  terhadap kepuasan  pelanggan pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Kota Palopo. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, studi pustaka, kuesioner. jenis dan sumber data jenis data berupa data kuantitatif data kualitatif dsn dianalisis dengan metode regresi linear. sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Adapun hasil penelitian Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, bahwa  Variable kualitas layanan  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan  pelanggan pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Kota Palopo dan Hasil analisis regresi linear diketahui Nilai probabilitas (sig) sebesar 3,818 > 504 atau sig. 0,000 < 0,05. menarik pelanggan seperti pada pernyataan pelanggan akan selalu kembali ke PT Suraco Jaya Abadi Motor jika ingin membeli sepeda motor, pernyataan inilah yang mendapat respon terendah dari pelanggan maka dari itu pt suraco jaya disarankan menyiasati masalah tersebut dengan berbagai macam pola penjualan yang menarik minat pelanggan untuk kembali


Kata Kunci


kepuasan pelanggan; suraco jaya abadi, kualitas layanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chandra, Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, Vol. 2: 85-95.

Kotler dan Armstrong, (2011), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta:

Erlangga, Kotler. (2012) Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. (2012). Metode Kualitatif, Yogyakarta: AMP YKPN.

Kurniasih (2012). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasan (studi pada bengkel Ahass 0002- Astra Motor Siliwangi Semarang. Jurnal admistrasi bisnis. 1 (1).

Margaretha, (2014), Studi Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Divisi

Prasetio (2012) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT TIKI cabang Semarang.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis, Alfabetha, Bandung.

Suprapto, Johanes, (2011), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2014), Service, Quality and Satisfaction, Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy, (2012). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Parasuraman. (2016). Manajemen Publik. Jakarta 2005: PT Gramedia Widyasarana Indonesia.

Z. Raznilawati (2017). Pengaruh Merek Magnum Reload Terhadap Volume Penjualan Pada Zerca Store 2 Di Kota Palopo,†Humano, vol. 7, no. 1, pp. 1–22, 2017.

Z. Raznilawati (2021). Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andi Djemma Palopo Sulawesi Selatan,†vol. 12, no. 2, pp. 1–10, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v13i1.4288

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.