Penerapan Metode TOPSIS untuk Pengangkatan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap (Studi Kasus: PT Hanuraba Sawit Kencana)

Catur Eri Gunawan

Abstract


PT Hanuraba Sawit Kencana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang berada di Desa Manggar Jaya Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Kegiatan utama perusahaan ini meliputi pengelolaan kebun inti dan plasma berikut Pabrik Minyak Sawit (PMS), dengan produk utama minyak sawit dan inti sawit. Permasalahan yang dihadapi oleh pihak perusahaan PT Hanuraba Sawit Kencana dalam menentukan pengangkatan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap yaitu sulitnya dalam proses penilaian yang objektif terhadap calon karyawan tetap. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penerapan metode TOPSIS untuk pengangkatan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode TOPSIS. Metode ini digunakan karena mempertimbangkan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif. Dengan kata lain di setiap atribut pada kriterianya akan dipilih nilai terbaik untuk mendefinisikan nilai pada solusi ideal positif, dan sebaliknya di setiap atribut pada kriterianya juga akan dipilih nilai terburuk untuk mendefinisikan nilai pada solusi ideal negatif. Kemudian pada akhirnya akan membandingkan nilai pada solusi ideal positif dan nilai pada solusi ideal negatif. Penilaian ini diharapkan dapat membantu menghasilkan rekomendasi yang bersifat objektif. Dari penelitian ini, hasil yang didapatkan nilai Kedekatan Relatif (Relative Closeness) yang tertinggi yaitu 0.97. Seluruh daftar alternatif terbaik ini akan menjadi rekomendasi bagi perusahaan. Dengan melakukan penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pihak perusahaan dalam proses seleksi karyawan kontrak menjadi karyawan tetap dengan penilaian yang objektif sesuai dengan kriteria-kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan dan kriteria tambahan dari penelitian ini.


References


M. K. Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. 2007.

H. Pratiwi, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

M. Murnawan and A. F. Siddiq, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Technique for Order by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS),†J. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 398–412, May 2012.

Z. Pavić and V. Novoselac, “Notes on TOPSIS Method,†Int. J. Res. Eng. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 5–12, 2013.

E. G. Wahyuni and A. T. Anggoro, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai dengan Metode TOPSIS,†Sains Teknol. dan Ind., vol. 14, no. 2, pp. 108–116, 2017.

G. Wibisono, A. Amrulloh, and E. Ujianto, “Penerapan Metode TOPSIS Dalam Penentuan Dosen Terbaik,†Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 102–109, 2019.

H. T. Sigit and T. R. O. Friyansyah, “Sistem Seleksi Relawan Tenaga Pengajar Menggunakan Metode TOPSIS,†JSiI, vol. 6, no. 2, pp. 86–91, 2019.

H. Hertyana, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemilihan Perguruan Tinggi Menggunakan Metode TOPSIS,†J. PILAR Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 97–102, 2019.

I. Muzakkir, “Penerapan Metode Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Pada Desa Panca Karsa II,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 274–281, 2017.

N. Palasara and T. Baidawi, “Penerapan Metode TOPSIS Pada Peningkatan Kinerja Karyawan,†J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 287–294, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v3i1.1722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.