ANALISIS SISTEM INFORMASI DPMPTSP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE
Abstract
DPMPTSP merupakan singkatan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar memiliki sebuah sistem informasi yang dinamakan pelayanan.denpasarkota.go.id akan tetapi pada sistem informasi tersebut belum pernah dilakukan validasi sistem menurut pengalaman pengguna atau User Experience (UX) sehingga DPMPTSP belum mengetahui apakah sistem informasi tersebut dapat berkontribusi untuk bisa memenuhi kebutuhan penggunanya atau tidak, maka perlu dilakukan sebuah analisis pada sistem informasi DPMPTSP. Metode yang digunakan pada analisis sistem informasi ini menggunakan sebuah metode yang dinamakan User Experience Questionnaire (UEQ). Skala penilaian pada UEQ yaitu daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), ketepatan (dependability), stimulasi (stimulation), kebaruan (novelty). Metode UEQ memiliki 26 jenis pertanyaan dimana setiap pertanyaan memiliki skala 1 sampai 7. Pada penelitian ini menggunakan 30 responden partisipan yang berada di wilayah Denpasar yang telah mengakses website resmi pelayanan.denpasarkota.go.id untuk dapat mengetahui apakah sistem informasi DPMPTSP berfungsi dengan baik atau tidak. Hasil analisis pengujiannya menunjukkan penilaian User Experience Questionnaire (UEQ) berada pada kategori positif. Skor yang tertinggi diraih oleh “Stimulasi†1,725 dan skor yang terendah diraih oleh “Kejelasan†1,617. Diagram Benchmark  menunjukkan kategori (Good), (Excellent), (Above Average) yang berarti situs memiliki kegunaan baik tetapi perlu ditingkatkan dalam kejelasan (perspicuity) untuk dapat dengan mudah dipahami oleh pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan mutu dari sistem informasi DPMPTSP agar bisa menjadi lebih baik lagi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
T. N. Sari. 2016. “Analisis Kualitas Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Standard Iso 9126,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 1–7, doi: 10.26798/jiko.2016.v1i1.15. [Diakses 28 Oktober 2020]
R. F. Sri Supatmi, Taufiq Nuzwir Nizar. 2014. “Sistem Kontrol Peralatan Rumah Dan Monitoring Kondisi Rumah Melalui Internet Berbasis Web Dan Openwrt,†J. Tek. Komput. Unikom – Komputika – Vol. 3, No.2 - 2014 Sist., vol. 3, no. 2, pp. 23–28, [Online]. Available: http://komputika.tk.unikom.ac.id/_s/data/jurnal/v3no2/1-srisupatmi.pdf/ori/1-srisupatmi.pdf.[Diakses 28 Oktober 2020]
I. N. T. A. Putra. 2018. “Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Pegawai Baru PT.PLN (Persero) Wilayah Aceh Dengan Metode Heuristik,†J. Ilmu Komput., vol. 11, no. 2, p. 109, doi: 10.24843/jik.2018.v11.i02.p06. [Diakses 12 Oktober 2020]
I. N. Tri, A. Putra, and K. S. Kartini. 2019. “Rancang Bangun Sistem Informasi Eksekutif pada STMIK STIKOM Indonesia,†Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 3, no. 3, pp. 122–129, doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v3i3.24147. [Diakses 24 Oktober 2010]
J. Maknunah. 2015. “ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA LEMBAGA,†J. Inform. STIKI, vol. 05, no. ISSN 2087-0256, pp. 27–29. [Diakses 25 Oktober 2020]
L. Rusdiana. 2016. “Pemodelan Desain Sistem Informasi Pengolahan Data Produk Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah Menggunakan Uml,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 30–37, 2016, doi: 10.26798/jiko.2016.v1i1.12. [Diakses 10 Oktober 2020]
P. Risma, E. Pande, N. Tri, and A. Putra. 2020. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Kredit Pada Bum Desa Bersama Santhi Sedana,†Telematika, vol. 17, no. 2, pp. 171–181. [Diakses 8 Oktober 2020]
P. A. Lestari. 2006. “Sistem Aplikasi Komputer Berbasis Web Bagi Perusahaan Franchise ‘Rapid ReaderTM Pasirkaliki,’†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 167–175. [Diakses 20 November]
J. Diana and M. Webqual. 2014. “Website e-government,†vol. 14, no. 2, pp. 202–212. [Diakses 12 Oktober 2020]
E. Susilo. 2019. “Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX.†[Online]. Available: [https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-user-experience-questionnaire/].
I. N. T. A. P. Ni Luh Putu Putri Vera Handayani. 2019. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Website pada Setum Polda Bali,†Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 44–61. [Diakses 16 Oktober 2020]
I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, and L. G. K. Dewi. 2019. “Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara,†Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 79–84, doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijnse.v3i2.22225. [Diakses 16 Oktober 2020]
M. H. Zulfahmi, S. S. Informasi, F. Teknik, and U. N. Surabaya. 2019. “PENGUKURAN DAN PERBAIKAN USER EXPERIENCE SIAKADU MOBILE WEB ( Studi Kasus : Universitas Negeri Surabaya ),†J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 129–135. [Diakses 16 Oktober 2020]
K. Interaksi, T. Kepuasan, and P. Aplikasi. 2020. “PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN , KUALITAS INFORMASI , EFFECT OF EASY TO USE QUALITY , INFORMATION OF QUALITY , INTERACTION OF QUALITY , AND THE USER SATISFACTION FOR OPEN SOURCE APPLICATIONS USING THE WEBQUAL METHOD,†vol. 3, no. 2, pp. 81–86, doi: 10.33387/jiko. [Diakses 16 Oktober 2020]
I. N. T. A. Putra. 2019. “Pengembangan Sistem Inventaris Berbasis Qr Code Menggunakan Web Service Pada Bidang Sarana Dan Prasarana Stmik Stikom Indonesia,†J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 3, p. 315, doi: 10.23887/janapati.v7i3.16658. [Diakses 13 Oktober 2020]
A. Sularsa and A. S. Prihatmanto. 2015. “Evaluasi User Experiences Produk iDigital Museum dengan Menggunakan UEQ,†J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 56–62. [Diakses 22 Oktober 2020]
D. Ahmad. 2018. “Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-commerce Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada.co.id , Blibli.com dan JD. id),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 11, pp. 5862–5870. [Diakses 18 Oktober 2020]
DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v4i1.2379
Refbacks
- There are currently no refbacks.