ANALISA TINGKAT PELAYANAN UMUM DI BANDAR UDARA SULTAN BABULLAH

Muhammad Darwis, Muhammad Rizal

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Bandara Sultan Babullah Ternate. Data primer dikumpulkan dengan teknik wawancara dengan penumpang dan pengunjung (konsumen) serta penyedia jasa (produsen) bandara serta observasi langsung (melakukan pengisian kuesioner), sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan, artikel dan standar operasional pelayanan. Data di uji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis mean. Hasil analisa data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan umum pada Bandara Sultan Babullah Ternate sudah cukup maksimal, hanya ada beberapa fasilitas pelayanan yang bermasalah, dimana penilaian negatif lebih dominan dari penilaian positifnya. Penilaian positif dari sisi pengguna jasa (konsumen) berupa “Kemudahan mencapai bandara†(mean 4,20), “Kesigapan petugas dalam melayani di pintu masuk pemeriksaan barang†(mean 3,78), “Kenyamanan diruag tunggu†(mean 3,70), “Keamanan bandara†(mean 3,64), “Ketersediaan sarana informasi keberangkatan dan kedatangan†(mean 3,64). Selanjutnya penilaian positif dari sisi Penyedia Jasa (Produsen) berupa “Keramahan petugas bandara†(mean 4,56), “Kebersihan, kerapian runganâ€(mean 4,62), “Kelengkapan tanda petunjuk informasi†(mean 4,52), “Kesigapan petugas dalam melayani di pintu masuk pemeriksaan barang†(mean 3,78), “Ketersediaan sarana informasi keberangkatan dan kedatangan†(mean 3,64). Sedangkan hasil penilaian negatif dari kedua sisi sama yaitu “Kenyamanan dan keteraturan sarana parkir†dan “Ketersediaan tempat duduk di ruang penjemputan. Untuk penilaian negatif (tidak falid) tidak ada nilai mean nya karena data yang tidak falid tidak di ikut sertakan dalam perhitungan Reliabel dan Analisis Mean. Jika di tinjau secara kelompok, kualitas pelayanan dari sisi Pengguna Jasa (Konsumen) dengan tingkat tertinggi antara lain “Assurance†(mean 3,58), “Empathy†(mean 3,56), “Tangibility†(mean 3,48), “Responsiveness“ (mean 3,46), “Reliability†(mean 3,37) dan untuk sisi Penyedia Jasa (Produsen) yaitu “Assurance†(mean 4,38), “Empathy†(mean 4,30), “Responsiveness“ (mean 4,29), “Reliability†(mean 4,21), dan “Tangibility†(mean 4,07).

Keywords


Bandara Sultan Babullah Ternate; Kualitas Pelayanan Umum; Service Qualit

Full Text:

PDF

References


Affifuddin, M. 2009 Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Persero Angkasa Pura 1 Di Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, Tesis, Pasca Sarjana Universitas Terbuka, Jakarta.

Agus , Prasetyo (2015). Kajian Kinerja Pelayanan Terminal Kargo Bandar Udara Juanda Surabaya. Jurnal Rekayasa SIPIL/Volume 9, No. 3 – 2015 ISSN 1978 – 5658. (https://downloads//, diakses 1 Januari 2020).

Anwaruddin, Awang. Pelayanan Publik. (Jurnal Ilmu Administrasi Vol 1 Nomor 1, 2004). Azwar, Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Basuki, Heru, 2008. Merancang dan Merencana Lapangan Terbang. Penerbit P.T.Alimni, Bandung

Cooper, Schindler. 2006. Uji Validitas dan Reabilitas Menurut Para Ahli (dalam Zulganef), (http://jagoteori.com/pengertianujivaliditasdan-reliabilitas-menurut-defenisi-para-ahli/, diakses 10 Januari 2020).

Direktur Jendral Perhubungan No. SKEP/77/VI/2005 tentang Persyaratan Teknis Bandar Udara. Departemen Perhubungan Jakarta.

Handoyo Singgih dan Sudibyo Dudi, 2002. Aviapedia Ensiklopedia Umum Penerbangan, Bacaan Untuk Menambah Wawasan Umum Penerbangan, Penerbit Kompas, Jakarta.

Juran, Josep M dan Taguchi, (2004). Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Tjipto, 2004. Jakarta.

Kamaludin, 1987. Pengertian Transportasi Menurut Para Ahli, dalam Romli (2008), (http://seputarpenegertian.com/2014/03/seputar-pengertian-transportasi, diakses 15 Januari 2020).




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v5i2.5188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.