ANALISIS KEMAMPUAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA MATERI IKATAN KIMIA

ARNIA - DRAKEL, Muliadi Muliadi, Ilham SW Mauraji, Muhamamd Amin, Elsa Sriwahyuni

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan gaya belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian ini di kelas XI SMA Negeri 1 Kota ternate yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes soal 10 item dan 46 item angket gaya belajar serta 10 item angket hasil belajar siswa. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan gaya belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Ternate pada materi Ikatan Kimia berada pada gaya belajar audiotori dengan persentase rata-rata 47% dari 36 siswa yang dijadikan sampel. Faktor yang paling menentukan kemampuan gaya belajar siswa adalah faktor internal pada aspek minat dengan persentase 66,25% pada kriteria Tinggi dan faktor eksternal berada pada aspek orang tua dengan persentase 60,5% Pada kriteria Tinggi..

 Kata Kunci:               

Kemampuan Gaya Belajar, Ikatan Kimia, SMA Negeri 1 Kota ternate

Abstract

This research was conducted to determine students' learning style abilities in studying Chemical Bonding material, and the factors that influence it. This type of research is quantitative descriptive research. The population of this study was class XI of SMA Negeri 1 Ternate City, totaling 36 people. The data collection technique in this research is a 10-item test technique and a 46-item learning style questionnaire and a 10-item student learning outcomes questionnaire. The data analysis technique is quantitative analysis. The results of the research show that the learning style abilities of class The factor that most determines a student's learning style ability is internal factors in the interest aspect with a percentage of 66.25% in the High criteria and external factors are in the parental aspect with a percentage of 60.5% in the High criteria.

Keyword:

Learning Style Ability, Chemical Bonds, SMA Negeri 1 Ternate City


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alvin, S. (2022). Studi Awal Pengembangan Modul 1 Kimia Dasar (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : Yrama widya.

Cahyani, R. (2019). Menerapkan Model Pembelajaran Science, Environment, Technology and Society Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa SDN 02 Konda kabupaten Konawe Selatan. Skripsi Tidak dipublikasikan. IAIN Kendari.

Darmadi, Hamid. (2018). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Sisw. Yogyakarta : CV Budi Utama

Dewi, A,N. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik UNY. Jurnal Humanika. 21 (2) : 161-166.

Desi, N. S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Minat Untuk Melanjutkan Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Sma Yp Unila Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v5i1.10017

 
  

 

Journal NameJurnal Pendidikan Kimia Unkhair(JPKU)
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherProgram Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara, Indonesia
CountryIndonesia
Emailjpku@unkhair.ac.id / jpkunkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jpku/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/jpku

 

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.