Tinjauan Literatur Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Inovasi Pembelajaran Kimia

Haris Munandar, Muh. Arwin

Sari


Artikel ini mengkaji pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam inovasi pembelajaran kimia melalui pendekatan kajian literatur yang sistematis. Fokus kajian diarahkan pada publikasi ilmiah primer yang terbit pada rentang tahun 2022 hingga 2025, dengan penelusuran data dilakukan melalui portal SINTA. Hasil telaah menunjukkan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran kimia mampu meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks dan abstrak, memperkuat literasi numerasi, serta mendorong keterlibatan aktif siswa melalui berbagai bentuk inovasi, seperti chatbot edukatif, sistem penilaian otomatis, dan pembelajaran adaptif. Meskipun demikian, pemanfaatan AI di bidang pendidikan masih menghadapi sejumlah tantangan, termasuk kesiapan infrastruktur, literasi digital pendidik, serta isu etika dan privasi data. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pendidik, pengembang teknologi, dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan implementasi AI secara efektif, etis, dan inklusif dalam pembelajaran kimia abad ke-21.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, J. S., & Djakariah, D. (2024). Transformasi Pembelajaran Kimia melalui Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) pada Era Society 5.0. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 19–26. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i1.355

Akbar, J. S., Mokalu, Y. B., Rumengan, S. M., Akbar, A. F., & Paat, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Praktikum Uji Elektrolit Terintegrasi Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal Social, Science and Education, 7(2). https://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jsoscied/article/view/872

Aldwinarta, F. H., Nurdiana, R., & Sulistina, O. (2024). Media Pembelajaran Berbasis AI Chatbot pada Materi Termokimia di SMA Apakah Dibutuhkan ? Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v18i1.49044

Berber, S., Brückner, M., Maurer, N., & Huwer, J. (2025). Artificial Intelligence in Chemistry Research─Implications for Teaching and Learning. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.4c01033

Bewersdorff, A., Seßler, K., Baur, A., Kasneci, E., & Nerdel, C. (2023). Assessing student errors in experimentation using artificial intelligence and large language models: A comparative study with human raters. Computers and Education: Artificial Intelligence, 5, 1–18. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100177

Crompton, H., & Burke, D. (2023). Artificial intelligence in higher education: the state of the field. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1). https://doi.org/10.1186/s41239-023-00392-8

Herwandi, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Artificial Inteligence ( AI ) dalam pembelajaran interaktif untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.62388/jpdp.v5i1.521

Iashania, Y., Sanitha, O. D., Fridtriyanda, A., & Kristianti, N. (2024). Peranan Aplikasi Artificial Intelligence untuk Mendukung Proses Pembelajaran di SMKS YPSEI Kota Palangka Raya. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2310–2317. https://doi.org/https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5391

Kasman, R. A., Hb, A. M., Kimia, P. S., Kewirausahaan, P. S., Teknologi, I., Ilmu, P., Jl, M., & E-mail, K. P. (2024). Peran dan Tantangan Kecerdasan Buatan ( AI ) dalam Pendidikan Tinggi : Implementasi dan Implikasi Etis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.62388/jpdp.v5i1.523

Muhammad, R., Larasati, H. A., Susanti, R., Pakaenoni, F., & Rahmadani, A. (2024). Kajian Literatur Peran Artificial Intelligence dalam Mendukung Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Kimia di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpk.v8i1.72163

Nafidatul, M., & Ratnaningrum, I. (2024). Artificial Intelligence Based Interactive Learning Media to Improve Science and Social Learning Outcomes of Fourth Grade Elementary School. Journal for Lesson and Learning Studies, 7(2), 221–231. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v7i2.81157

Rustan, N. Q., & Junaid, R. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembuatan Media Pembelajaran. 1(1), 1–7. https://journal.tangrasula.com/index.php/simulajaji/article/view/66

Saal, P. E. (2025). A scoping review of the integration of artificial intelligence in primary and secondary schools from 2020 to 2024 : Policy implications for South Africa. Journal of Education, 1802(98). https://doi.org/doi/10.1021/acs.jchemed.4c01033

Sihotang, G., Antika, R., Zahira, T., & Harahap, N. H. (2025). Optimisme Mahasiswa Kimia Penulisan Teks Akademik di Era AI , Peluang dan Tantangan Pendidikan Sains Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(April). https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i2.3167

Simangunsong, A. D., Sitompul, H. S., Pane, E. P., Novatrasio, G., & Sumatera, U. D. (2023). The Effect of Project-Based Learning Through Artificial Intelligence (AI) in Increasing Students’ Creativity and Learning Achievement. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 128–134. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/1259

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(August), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Thamrin, H., Fatkhurrahman, Z., & Arsyad, M. L. (2024). Pelatihan Aplikasi Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Bagi Dosen UMMAD. Abdi Teknoyasa, 5(1), 291–295. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v5i1.5656

Zhang, C. (2024). AI in Education : Opportunities , Challenges , and Pathways for Equitable Learning. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 45, 723–728. https://doi.org/https://doi.org/10.54097/kfgp6j07




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v5i1.10034

 
  

 

Journal NameJurnal Pendidikan Kimia Unkhair(JPKU)
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherProgram Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara, Indonesia
CountryIndonesia
Emailjpku@unkhair.ac.id / jpkunkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jpku/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/jpku

 

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.