Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas XI dalam Memahami Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan

Asriyani Hasan, Nurfatimah Sugrah, sudir Umar, Fitriana Ibrahim

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam memahami materi ikatan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2024/2025, yang didesain dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah teknik sampling jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan berupa soal essay yang berjumlah 10 item, dan teknik non tes berupa angket tanggapan siswa yang berjumlah 15 item. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Tidore Kepulauan dalam memahami materi ikatan kimia terdistribusi dalam 3 kategori, yaitu kategori tinggi sebesar 65% untuk 2 siswa, kategori sedang sebesar 54% untuk 13 siswa, dan kategori rendah sebesar 25% untuk 10 siswa. Di lain pihak, faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa rata-rata berada di atas 44%, dan faktor eksternal rata-rata berada di atas 48%.

 

ABSTRACT

This research was conducted to determine student learning outcomes and influencing factors in understanding chemical bonding material in class XI students of SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan in the 2024/2025 academic year, which was designed with descriptive research. The sampling technique in the study was saturated sampling technique, in which the entire population was used as a sample of 25 students. The instruments used in this research were test and non-test techniques. The test technique used in the form of essay questions totaling 10 items, and non-test techniques in the form of student response questionnaires totaling 15 items. The results of the analysis showed that the learning outcomes of class XI students of SMAN 2 Tidore Islands in understanding chemical bonding material were distributed in 3 categories, namely the high category of 65% for 2 students, the medium category of 54% for 13 students, and the low category of 25% for 10 students. While internal factors that affect student learning outcomes are on average above 44%, and external factors are on average above 48%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Afif, Nur. 2019. Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-quran : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 01

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan prosedur. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Alfabeta, Bandung

Baharun, H. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan

Pedagogik, Vol. 01 ; No. 01

Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga, Jakarta.

Eccy S. Muzdalifa, Muliadi, Dira A. Annisa, Nurfatimah Sugrah, dan Nur Jannah Baturante. 2024. Analisis Kemampuan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepulauan Sula Pada Materi Ikatan Kimia.

Jurnal Pendidikan Kimia Umkhair (JPKU), Vol. 4, No. 2, Hal. 5 – 9

Eveline, S., & Hartini, N. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia, Bogor

Haryani La Muhamad, Nur A. Limatahu, Merlin, dan Elsa Sriwahyuni. 2024. Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sanana Pada

Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia Umkhair (JPKU), Vol. 4, No. 2, Hal. 10 – 20

Kadeni. 2003. Peranan Guru dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 5 ; No. 1

Mas’ud dan Sundari. 2018. Review Implementasi PTK Berbasis Lesson Study pada Dosen FKIP Unkhair. Saintifik@, Vol. 3 (2)

Neni A. Hamid, Nur A. Limatahu, Muliadi, dan Fitriana Ibrahim. 2023. Analisis Kemampuan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan Pada Materi Hukum Hukum Dasar dan Persamaan Reaksi Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU), Vol. 3, No. 1, Hal. 45 – 52

Noryani, S. 2022. Inovasi dalam Pembelajaran Daring : Strategi dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 20(3), 150-162.

Pane, Aprida. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03, No. 2 Prastyaningtias. D.S. 2019. Analisis Kesulitan Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Nahdatul Ulama Pasuruan pada Mata Kuliah Biologi Umum, Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 3(1) : 26

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rustaman, Nuryani dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Malang, Malang

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT. Rineka Cipta, Jakarta

Subagia, I. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 123-135

Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. UNY Press, Yogyakarta

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Wa Ode Piati, Abdul R. Saraha, Fitria Ibrahim, dan Ilham S.W Mauraji. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 7 Halmahera Timur pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi (Redoks). Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU), Vol. 2, No.2, Hal.7–1




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v5i1.10113

 
  

 

Journal NameJurnal Pendidikan Kimia Unkhair(JPKU)
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherProgram Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara, Indonesia
CountryIndonesia
Emailjpku@unkhair.ac.id / jpkunkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jpku/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/jpku

 

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.